Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Antisipasi Covid-19, Kapal Nelayan dari Luar Daerah di Pelabuhan Juwana Pati Dibatasi

MURIANEWS, Pati – Pengurus Pelabuhan Juwana bakal melakukan pembatasan kapal luar daerah yang masuk ke pelabuhan selama pandemi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Petugas keamanan Satpol Airud Polres Pati juga sudah berjaga untuk memberlakukan aturan tersebut. Apalagi, ada banyak kapal dari luar daerah yang juga ikut lelang di pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana.

Kasatpol Airud Polres Pati IPTU Sutamto mengatakan, setiap hari pihaknya mengaku terus melakukan pemantauan para nelayan yang datang. Bahkan pemeriksaan suhu tubuh juga dilakukan untuk mengetahui kondisi nelayan.

”Setiap pagi, siang kami bersama tim selalu memantau di pelabuhan. Kapal yang masuk juga kami pantau,” katanya, Senin (20/4/2020)

Pihaknya mengaku tengah berkoordinasi dengan Syahbandar agar ada pembatasan kapal dari luar daerah, meskipun para nelayan ini tidak kontak dengan masyarakat yang ada di daerat, tetapi pembatasan tetap harus dilakukan.

”Dalam hal ini kami akan berkoordinasi, bagaimana baiknya. Kalau hemat kami tidak boleh (kapal luar daerah masuk ke pelabuhan Juwana). Tetapi itu kan kewenangan Syahbandar,” terangnya.

Kemudian, lanjut Tamto, untuk kapal penumpang, pihaknya secara rutin melakukan pemeriksaan setiap kali ada kapal penumpang yang datang. Pemeriksaan itu meliputi cek suhu tubuh dan meminta keterangan kepada penumpang terkait kondisi tubuhnya.

”Untuk sementara yang di cek adalah penumpang yang pulang luar kota, seperti kemarin pulang dari Karawang,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk saat ini memang hanya beberapa pelayan yang pulang dari melaut. Tetapi diperkirakan pertengahan puasa, para nelayan akan berbondong memadati pelabuhan Juwana.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...