Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Satu Lagi Warga Demak Positif Corona Dirawat di Kudus, Pemudik dari Jakarta

MURIANEWS, Kudus – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kudus bertambah menjadi sepuluh orang pada Sabtu (18/4/2020) siang. Pasien kesepuluh kembali berasal dari Kabupaten Demak.

Pasien ini dirawat di RSUD Loekmono Hadi Kudus. Ia diketahui baru mudik dari Jakarta.

Kasus kesembilan yang tercatat di Kudus juga berasal dari Kabupaten Demak, dan dirawat di RS Mardirahayu Kudus.

“Pasien terkonfirmasi ke sepuluh berasal dari Kabupaten Demak, kini dirawat di RSUD Loekmono Hadi Kudus,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Kudus dr Andini Aridewi, Sabtu (18/4/2020).

Pasien tersebut, kata Andini, berjenis kelamin laki-laki. Pasien, sebelumnya juga berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Loekmono Hadi Kudus sejak 3 April 2020 lalu. Dengan keluhan awal yakni demam, pusing, lemas, dan batuk.

“Riwayat perjalanan pasien memang dari Jakarta, dia pulang lima hari sebelum masuk rumah sakit,” lanjutnya.

Sementara hasil swab yang menunjukkan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, baru keluar pada 17 April 2020 kemarin dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

Sementara untuk tracing kontak pasien terkonfirmasi akan dikoordinasikan dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupten Demak.

Baca: Pasien Positif Corona Asal Demak Dirawat di RS Mardirahayu Kudus

Sebelumnya, penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kudus juga berasal dari Kabupaten Demak.

Pasien juga sebelumnya berstatus PDP dan telah dirawat sejak 10 April 2020 lalu di rumah sakit Mardi Rahayu. Pasien kesembilan ini berjenis kelamin laki-laki dan berusia 50 tahun. Pasien yang bersangkutan kini tengah dirawat intensif karena memiliki penyakit penyerta.

Sementara untuk perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus sampai saat ini terdapat 14 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang merupakan keluarga dari pasien positif Covid-19 di Kudus. Kemudian jumlah ODP dipantau berjumlah 144 orang.

Sementara untuk jumlah PDP terdapat 84 orang. Sebanyak 52 PDP berasal dari dalam wilayah dan 32 lainnya berasal dari luar wilayah.

Dari 52 PDP dalam wilayah, sebanyak 18 PDP dirawat, 1 PDP dirujuk, 22 PDP pulang sehat, dan 11 PDP meninggal.

Sementara untuk PDP luar wilayah, dari 32 PDP, sebanyak 13 PDP dirawat, satu PDP dirujuk, 13 PDP pulang sehat, dan lima PDP meninggal.

Sedang untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kudus berjumlah sepuluh orang. Dengan rincian lima orang dirawat, tiga orang sembuh, dan dua orang meninggal dunia.

Pemkab Kudus menyiapkan tujuh rumah sakit untuk menangani PDP maupun pasien positif Covid-19. Rumah sakit tersebut adalah RSUD dr Loekmono Hadi, RS Mardi Rahayu, RSI Sunan Kudus, RS Kumala Siwi, RS Aisyiah, RS Nurus Syifa, dan RS Kartika Husada.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...