Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bea Cukai Kudus Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal di Tengah Pagebluk Covid-19

MURIANEWS, Kudus – Walau tengah pagebluk Covid-19, Bea Cukai Kudus masih saja menemukan pelanggaran di bidang cukai. Bea Cukai mengamankan satu truk yang berisi rokok ilegal.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo menjelaskan, penindakan dilakukan pada Rabu (15/4/2020) lalu.

Penindakan juga berawal dari informasi masyarakat tentang adanya pengiriman rokok ilegal dari wilayah Kabupaten Jepara menggunakan truk.

Dalam penindakan tersebut, lanjutnya, petugas mengamankan sopir berinisial NA (24) dan kenek berinisial S (31). Keduanya, kini diamankan di Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

”Petugas mengembangkan informasi ini dengan melakukan operasi tertutup di lokasi yang dimungkinkan di lewati truk sesuai yang diinformasikan. Sampai akhirnya pada pukul 21.00 WIB, didapati truk tersebut dan kemudian truk berhasil dihentikan,” ucapnya.

Dari hasil pemeriksaan truk, tenyata ditemukan rokok ilegal di bawah muatan furniture.

Dengan total rokok SKM siap edar tanpa pita cukai sebanyak 392.000 batang dan rokok SKT dilekati pita cukai palsu sebanyak 115.200 batang.

“Petugas berhasil mendapati rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai merk. Di antaranya merek S3 dan C@ffee Stik dan rokok jenis sigaret kretek tangan (SKT) merk “PASOPATI” yang dilekati pita cukai palsu,” katanya.

Untuk total barang yang disita, diperkirakan nilai barang sebesar Rp 451.680.000. Potensi kerugian negara berupa cukai dan pajak yang tidak dibayar sebesar Rp 251.238.080.

Sementara terkait pagebluk Covid-19, pihaknya berharap masyarakat bisa mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap di rumah. Serta tidak memanfaatkan situasi dengan melakukan tindakan yang melawan hukum seperti pengiriman rokok ilegal.

“Secara tegas Bea Cukai Kudus tidak memberikan toleransi terhadap pihak-pihak yang melanggar hukum dibidang kepabeanan dan cukai,” tekannya.

Untuk diketahui, selama tahun 2020 ini Bea Cukai Kudus telah berhasil melakukan penindakan terhadap rokok ilegal sebanyak 39 kali dan berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp 3.080.839.024.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...