Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pasien Positif Corona Asal Demak Dirawat di RS Mardirahayu Kudus

MURIANEWS, Kudus – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat di Kabupaten Kudus menjadi sembilan orang per Jumat (17/4/2020) siang. Pasien terbaru berasal dari Kabupaten Denak dan dirawat di RS Mardirahayu.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 dokter Andini Aridewi menjelaskan, pasien asal Demak ini sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan telah dirawat sejak 10 April 2020 lalu di rumah sakit yang sama.

Pasien, diketahui berjenis kelamin laki-laki dan berusia 50 tahun.

“Pasien kini sedang dilakukan perawatan intensif karena belum stabil kondisinya,” katanya via telepon, Jumat (17/4/2020) siang.

Andini mengatakan, perawatan intensif dilakukan karena pasien terkonfirmasi positif kesembilan memiliki riwayat penyakit penyerta. Sehingga perlu dilakukan pemantauan dan pengananan yang intensif.

“Pihak rumah sakit terus melakukan monitoring kesehatannya,” lanjutnya.

Sementara untuk riwayat perjalanan, tambahnya, lagi-lagi yang bersangkutan mengaku tidak memiliki riwayat bepergian ke daerah terdampak corona.

“Kembali, yang bersangkutan tidak mengatakan pernah pergi ke daerah terjangkit,” jelasnya.

Hal tersebut, kata Andini, tentunya menjadi perhatian serta kewaspadaan bersama. Mengingat penularan virus Covid-19 di Indonesia kian meluas.

“Ini harus menjadi kewaspadaan bersama, penerapan pola hidup yang sehat harus selalu dilakukan,” ujarnya.

Sementara untuk perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus sampai saat ini terdapat 14 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang merupakan keluarga dari pasien positif Covid-19 di Kudus. Kemudian jumlah ODP dipantau berjumlah 144 orang.

Sementara untuk jumlah PDP terdapat 84 orang. Sebangak 52 PDP berasal dari dalam wilayah dan 32 lainnya berasal dari luar wilayah.

Dari 52 PDP dalam wilayah, sebanyak 18 PDP dirawat, satu PDP dirujuk, 22 PDP pulang sehat, dan 11 PDP meninggal.

Sementara untuk PDP luar wilayah, dari 32 PDP, sebanyak 13 PDP dirawat, satu PDP dirujuk, 13 PDP pulang sehat, dan lima PDP meninggal.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...