Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kasus PTSL Desa Alasdowo Pati Usai, Kades Divonis Lima Bulan Penjara

MURIANEWS, Pati – Proses persidangan kasus Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti akhirnya usai. Hakim pun sudah membacakan putusan pengadilan yang didengarkan langsung oleh para terdakwa.

Dalam putusannya, majelis menjatuhkan hukuman penjara selama enam bulan kepada Ketua Panitia dan Bendahara PTSL, yakni Subroto dan Ghufron. Sementara untuk Kades Alasdowo nonaktif, yakni Muhlisin diganjar dengan lima bulan penjara.

Putusan itu sedikit di bawah tuntutan jaksa. Kedua panitia awalnya dituntut dengan delapan bulan penjara. Sementara Muhlisin dituntut dengan tujuh bulan penjara.

“Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan penggelapan. Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Para Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan,”ujar Agung Iriawan, humas Pengadilan Negeri (PN) Pati.

Agung menyebutkan jika putusan itu dijatuhkan lantaran ada sejumlah hal yang memberatkan. Di antaranya yakni perbuatan para terdakwa dinilai meresahkan masyarakat serta bertentangan dengan tujuan progam pemerintah di bidang pertanahan. Yakni melalui penerbitan sertifikat bukti hak dalam progam PTSL.

“Para Terdakwa termasuk tokoh masyarakat setempat yang seharusnya tidak melakukan praktek pungutan liar (pungli) yang merugikan masyarakat sendiri. Hal lain yang memberatkan juga karena terdakwa telah menikmati sebagian hasil kejahatan,” tegasnya.

Sementara untuk hal yang meringankan dikatakannya karena para terdakwa telah mengakui dan menyesali perbuatannya. Para terdakwa juga belum pernah dihukum serta berjanji tidak mengulangi perbuatannya.

“Untuk sikapnya, baik terdakwa, penasihat hukum maupun jaksa penuntut umum (JPU) sama-sama menyatakan pikir-pikir terhadap putusan tersebut,”imbuhnya.

Sementara untuk barang bukti uang tunai sejumlah Rp 116,25 juta dikembalikan kepada para peserta PTSL yang telah menyetorkan uang pendaftaran secara proporsional dengan mekanisme melalui para Ketua RT se-Desa Alasdowo.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...