Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sukun Sumbang Ribuan Masker Bedah dan Kelengkapan APD untuk Tenaga Medis di Kudus

MURIANEWS, Kudus – Perusahaan Rokok (PR) Sukun menyumbangkan sebanyak 3.000 buah masker bedah ke sejumlah puskesmas dan rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Kudus, Kamis (16/4/2020).

Hingga kini sudah ada tiga rumah sakit dan tiga puskesmas yang mendapat bantuan tersebut.

“Hingga hari ini, kami telah memberikan bantuan ke tiga rumah sakit dan tiga Puskesmas di wilayah Gebog dan Dawe,” kata Corporate Secretary PR Sukun Deka Hendratmanto.

Tiga rumah sakit yang mendapat bantuan yakni RSI Sunan Kudus, RS ’Aisyiyah, dan RS Mardi Rahayu. Sementara tiga puskesmas yang diberi sumbangan yakni Puskesmas Gondosari di Kecamatan Gebog, dan Puskesmas Dawe serta Puskesmas Rejosari di Kecamatan Dawe.

Deka menjelaskan, masker bedah sangat dibutuhkan oleh tenaga medis dalam penanganan wabah Covid-19. Oleh karena itulah, bantuan kelengkapan alat pelindung diri (APD) di tahap awal ini difokuskan dengan pemberian masker bedah.

“Tahap awal ini kami fokuskan pada bantuan masker bedah sebanyak 3.000 buah,” lanjutnya.

Corporate Secretary PR Sukun Deka Hendratmanto menyerahkan bantuan masker dan kelengkapan APD ke Puskesmas Rejosari. (MURIANEWS/Istimewa)

Selain itu, Sukun juga menyumbangkan bantuan berupa masker N95, baju coverall, goggles, face shield, handscoon, infrared thermometer, sepatu boot, hingga hand sanitizer. Penyemprotan desinfektan ke masjid-masjid di lingkungan sekitar perusahaan juga tengah dilakukan hingga kini.

Deka menyebut, jika pemberian bantuan merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atas wabah yang tengah terjadi. Khususnya, bentuk kepedulian terhadap perlindungan tenaga medis di manapun bertugas.

“Hanya memang ketersediaan barang dan tingginya harga masih menjadi kendala kami,” kata Deka.

Selain bantuan medis, tambah Deka, Sukun juga telah mendirikan Posko Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Simpang Tujuh dan Terminal Induk. Dengan tujuan membantu pemerintah untuk memonitoring  perkembangan Covid-19 di Kudus.

“Kami juga memberikan bantuan berupa bahan makanan seperti beras, daging, telur, lengkap dengan bumbu dapur kepada sebuah rumah sakit selama total 21 hari,” ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan serupa ke instansi pemerintahan di sekitar perusahaan. Pihaknya berharap. bantuan yang diberikan bisa bermanfaat untuk para petugas medis maupun yang membutuhkan.

“Meski begitu, kami menyadari sepenuhnya bahwa bantuan yang diberikan masih sangat kurang jika dibandingkan dengan total kebutuhan,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...