Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

RS UNS Jadi Lab Covid-19, Ganjar: Rumah Sakit Lain Juga Disiapkan

MURIANEWS, Semarang  Rumah Sakit Universitas Negeri 11 Maret Surakarta (UNS) ditetapkan Kementerian Kesehatan sebagai laboratorium Covid-19. Dengan bertambahanya lab di Jateng ini maka pemeriksaan sampel swab pasien bisa lebih cepat.

Sebelumnya Laboratorium Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga juga telah ditunjuk sebagai tempat pengecekan covid-19 di Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, selain dua laboratorium ini pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah rumah sakit maupun perguruan tinggi sebagai lab Covid-19.

Pasalnya, jumlah sampel yang harus diuji di Jawa Tengah ini cukup banyak, dan tak sebanding dengan kapasitas lab yang ada. Sehingga dibutuhkan tambahan laboratorium lagi.

“Sebenarnya kami sudah menyiapkan banyak. Ada beberapa rumah sakit dan perguruan tinggi. Alhamdulillah UNS sudah bisa dan menawarkan menjadi rumah sakit rujukan. Saya senang dan akan saya siapkan keperluan untuk itu,” kata Ganjar, Kamis (16/4/2020).

Beberapa rumah sakit yang telah disiapkan, yakni RSUD dr Moewardi Solo, RSUP dr Kariadi Semarang, RS Nasional Diponegoro Semarang, RS Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto.

Baca: Jateng Kini Punya Lab Corona di Salatiga, Hasil Keluar dalam Beberapa Jam

Beberapa rumah sakit tersebut menurut Ganjar tengah menunggu ketetapan dari Kementerian Kesehatan.

“Ada lagi rumah sakit milik Pertamina di Cilacap yang disiapkan pemerintah. Semuanya sudah disiapkan, tinggal on saja. Mudah-mudahan segera disetujui, sehingga penanganan lebih cepat,” ujarnya.

Jika semua itu disetujui, Ganjar menegaskan pengecekan lab untuk pasien Covid-19 di Jateng tidak akan membutuhkan waktu lama. Dalam hitungan jam saja, hasil tes akan diketahui.

“Kalau Salatiga ada, Solo didukung Yogyakarta, Semarang dan Banyumas sudah on, ini bisa sangat membantu. Area layanan akan semakin banyak dan mempercepat penanganan,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...