Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Biar Tak Membosankan, Tempat Karantina Pemudik di Kudus Disiapkan Fasilitas Hiburan

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan mengevaluasi pelaksanaan karantina para pemudik berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di dua lokasi. Yakni Balai Diklat Menawan dan Rusunawa Kudus.

Penambahan sarana hiburan bagi pemudik pun turut dipertimbangkan. Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menjelaskan, para pemudik memang memang membutuhkan hiburan selama masa karantinanya.

Namun, pihaknya tidak mungkin memasang satu televisi per kamarnya. “Kalau satu kamar satu televisi akan sangat berat,” katanya di Pendapa Kabupaten Kudus, Senin (14/4/2020).

Hartopo pun akan mengupayakan pemasangan sejumlah speaker di sudut-sudut Rusunawa dan memutarkan lagu ataupun hiburan lain agar suasana Rusunawa tidak sepi.

Sehingga pemudik tidak bosan dan tidak merasa tertekan. “Nanti kami evaluasi bagaimana baiknya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Agung Karyanto mengakui, tak ada fasilitas hiburan yang disediakan pihaknya untuk para ODP.

Pihaknya, hanya bisa memberikan satu kasur saja di tiap kamarnya untuk satu orang pemudik.

Namun, standart operasional prosedur 9SOP) tentang apa saja yang akan dilakukan para ODP akan segera ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus.

“Nanti dari pihak DKK akan mengarahkan, tentu ada berolahraga dan berjemur,” jelasnya.

Baca: 21 Pemudik Asal Zona Merah Jalani Karantina di Rusunawa Kudus

Mereka, tambah Agung, untuk saat ini menghuni kamar di lantai lima bangunan rusunawa tersebut.

Jika lantai lima telah terisi penuh, maka para pemudik selanjutnya akan menempati lantai empat. “Begitu setersunya, kami akan mulai dari atas terlebih dahulu,” terangnya.

Sementara Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Kudus dr Andini Aridewi mengatakan jika hingga Senin (14/4/2020) malam, sudah ada sebanyak 21 pemudik yang menempati Rusunawa Kudus.

“Kemudian untuk yang menempati di Balai Diklat ada sebanyak tujuh orang,” terangnya.

Pemkab Kudus menyiapkan setidaknya empat lokasi karantina ODP. Satu lokasi utama berada di Rusunawa Kudus. Tiga lainnya yakni Graha Muria, Balai Diklat Menawan, dan lokasi karantina yang disediakan PR Sukun.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...