Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Anggaran DPRD Jepara Siap Dipangkas untuk Tangani Covid-19

MURIANEWS, Jepara – Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Ghozali mendukung rencana penggeseran sejumlah pos anggaran APBD Jepara 2020 untuk penanggulangan Covid-19. Ia pun mengaku sempat heran setelah melihat rencana anggaran pemkab yang hanya mengalokasikan Rp 33 miliar dalam penanggulangan pandemi tersebut.

Hal ini disampaikan Imam Zusdi Ghozali secara terbuka dalam Rapat Koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Jepara. Rakor yang digelar di Gedung Shima Jepara tersebut, dipimpin langsung oleh Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi, Senin (14/4/2020).

Dalam kesempatan tersebut Imam Ghozali bahkan menyatakan keheranannya, ketika mengetahui pihak eksekutif (Pemkab Jepara) merencanakan hanya mengalokasikan anggaran sekitar Rp 33 miliar. Menurutnya jumlah tersebut kemungkinan akan kurang untuk mengatasi persoalan Covid-19 di Kabupaten Jepara.

“Saya justru bertanya-tanya, kenapa hanya Rp 33 miliar saja. Di daerah lain saja seperti Boyolali menganggarkan Rp 80-an miliar. Apa cukup dengan dana sebesar itu kita bisa menuntaskan pengamanan masyarakat Jepara,” ujar Imam Ghozali dalam Rakor GTPP Covid-19 tersebut.

Sedangkan Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi, dalam kesempatan yang sama menyatakan telah melakukan pembahasan mengenai rencana pergeseran anggaran. Dari pembahasan awal, pihaknya berencana mengalokasikan dana sebesar Rp 33 miliar.

Anggaran sebesar Rp 33 miliar ini rencananya hanya akan dialokasikan untuk pembiayaan kebutuhan teknis penanggulangan corona. Di antaranya menyediakan Alat Pelindung Diri (APD), dan kebutuhan-kebutuhan lain terkait sarana dan prasarana kesehatan saja.

“Jadi anggaran awal ini memang hanya untuk bidang kesehatannya saja. Diarahkan untuk membiayai penanggulangan dampak langsungnya saja. Sedangkan yang lain masih akan kami bahas,” ujar Dian Kristiandi.

Lebih lanjut, Dian Kristiandi juga menyatakan masih akan melakukan penyisiran anggaran dari pos-pos pembiayaan infrastruktur. Dari pos-pos ini sementara sudah ada dana sekitar Rp 50 miliar yang siap digeser penggunaannya.

Mendengar hal tersebut, Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Ghozali langsung menyampaikan tanggapannya. Menurutnya, jika memang dibutuhkan, pihaknya mempersilahkan eksekutif memangkas anggaran DPRD Jepara.

“Silahkan saja. Kami persilahkan jika memang perlu dipangkas. Silahkan dipangkas anggaran di DPRD Jepara. Saat ini mari kita sama-sama tunjukan bagaimana kita harus memberikan perlindungan kepada rakyat. Silahkan,” ujar Imam Zusdi Ghozali.

Rakor GTPP Covid-19 Jepara sendiri diikuti oleh semua relawan yang masuk ke tim ini. GTPP Covid-19 Jepara sendiri, baru Sabtu (12/4/2020) lalu, SK-nya ditanda-tangani oleh Plt Bupati Jepara. Sebelumnya di Jepara baru ada Satgas Covid-19 yang dibentuk oleh Pemkab Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...