Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kasus Perdana Positif Covid-19 Diumumkan, Grobogan Pasang Status Tanggap Darurat

0 2.238

MURIANEWS, Grobogan – Status Kabupaten Grobogan dinaikkan dari siaga darurat menjadi tanggap darurat mulai Jumat (10/4/2020), hari ini. Kenaikan status ini ditetapkan menyusul adanya kasus perdana pasien positif Covid-19 di kabupaten ini.

Satu pasien ini dinyatakan positif terpapar virus corona dari hasil uji swab yang diterima Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan.

“Dari tujuh orang yang diuji swab, enam orang hasilnya negatif dan satu orang dinyatakan positif Covid-19. Hasil uji swab ini kami terima tadi malam,” kata Bupati Grobogan Sri Sumarni saat jumpa pers, Jumat (10/4/2020).

Dengan temuan kasus positif itu maka pihaknya langsung memasang status tanggap darurat.

Dijelaskan, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 ini merupakan warga Kecamatan Geyer, Grobogan. Penderita Covid-19 ini berjenis kelamin perempuan dengan usia 47 tahun.

Sebelumnya, pasien tersebut sempat menjalani perawatan di RSUD Purwodadi sejak 24 Maret 2020 lalu. Namun, sejak tanggal 2 April 2020, perempuan tersebut sudah diperbolehkan pulang karena kondisinya sudah sehat dan diminta isolasi mandiri di rumah.

Sebelum pulang, ia sudah sempat diambil sampel lendirnya untuk diuji laboratorium. Tetapi, sebelum hasil uji swab keluar, yang bersangkutan sudah diperbolehkan pulang.

“Setelah hasil tes swab keluarnya positif, yang bersangkutan kemudian kami jemput lagi untuk dirawat. Saat ini pasiennya ditempatkan di ruang isolasi RSUD Purwodadi,” ujarnya.

Penderita Covid-19 ini, sebelumnya punya riwayat baru pulang dari Hongkong pada beberapa bulan lalu. Setelah itu, ia juga sempat pergi ke tempat temannya di Yogyakarta.

Tidak lama setelah dari Yogyakarta, yang bersangkuan periksa ke RSUD Purwodadi karena sakit batuk, demam, dan nyeri pada bagian ulu hati.

Baca: Pasien Corona Sempat Dirawat di Bangsal Umum karena Tak Jujur, Pegawai RSUD Purwodadi Segera Dirapid Test

Sri Sumarni menambahkan, di luar kasus positif Covid-19, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara komulatif tercatat ada 162 orang. Kemudian, secara komulatif ada 51 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Untuk ODP yang selesai pemantauan ada 42 orang, dan PDP sembuh ada 42 orang. Sedangkan PDP yang meninggal ada tiga orang dan ODP meninggal ada satu orang.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.