Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Ribu Pekerja Dirumahkan, Pemohon Kartu Pra-Kerja Mulai Didata Pemkab Jepara

0 828

MURIANEWS, Jepara – Dampak tak langsung virus corona, mulai diantisipasi Pemkab Jepara. Sebagai tindak lanjut kebijakan pemerintah pusat, pendataan pemohon kartu pra-kerja karyawan di Kabupaten Jepara mulai dilakukan.

Kepala Dinkopnakertrans-UMKM Jepara Eriza Rudi Yulianto menyatakan, kartu pra-kerja diperuntukan bagi mereka yang saat ini terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat dampak Covid-19. Mereka yang di PHK dan dirumahkan perusahaannya, bisa mengurus Kartu Pra-Kerja ini.

Baca: DKK Masih Lakukan Tracking Kasus Covid-19 di Krapyak Jepara

“Seperti kebijakan pemerintah pusat, penerima kartu pra-kerja ini direncanakan akan mendapatkan bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta per orang untuk empat bulan,” ujar Eriza Rudi Yulianto, Jumat (10/4/2020).

Sementara itu menurut Kasie PPKKPP di Dinkopnakertrans UMKM Amrina Rosyida, bantuan pemerintah sebesar Rp 3,55 juta per orang tersebut terdiri dari beberapa komponen. Di antaranya adalah biaya pelatihan sebesar Rp satu juta, insentif Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan evaluasi Rp 50 ribu per bulan selama tiga bulan.

Baca: Pemakaman Jenazah Perawat Positif Corona di Semarang Ditolak Warga, PPNI Jateng Tempuh Jalur Hukum

Namun demikian, dalam hal ini Pemkab Jepara hanya melakukan pendataan saja. Sedangkan proses verifikasi dan penentuan yang mendapatkan kartu pra-kerja akan dilakukan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Tengah.

“Sampai Kamis (9/4/2020), tercatat sudah ada laporan sebanyak 62 karyawan yang mengalami kasus PHK. Kemudian juga sudah ada 2.184 karyawan yang melaporkan telah dirumahkan. Sedangkan untuk pekerja migrant yang dipulangkan ke Indonesia ada 7 orang pekerja,” ujar Amrina Rosyida.

Baca: Satu Lagi Warga Jepara Positif Covid-19, Semula Dikira DBD

Selain itu, dari desa-desa, juga diperoleh data jumlah pekerja yang kena PHK dan dirumahkan oleh perusahaan, dan mudik ke JeparaSampai saat ini, yang sudah terdata jumlahnya mencapai 1.999 orang.

Para pekerja yang belum di data perusahaan atau desa bisa juga melaporkan diri melalui disnakertrans.jatengprov.go.id/Daftarkartuprakerja. Sedangkan pendaftaran kartu prakerja umum bisa mengakses http://www.prakerja.go.id

“Kami juga melayani pendaftaran di kantor sesuai Instruksi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Namun demikian mereka harus tetap memperhatikan physical distancing sebelum masuk ke kantor. Sudah ada 50 orang yang mendaftar secara langsung ke kantor. Ini juga akan kita layani,” tambah Amrina Rosyida.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.