Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gowes dan Berbagi, Cara Ganjar dan Atikoh Edukasi Warga Pentingnya Masker

0 122

MURIANEWS, Semarang – Sejak pemerintah mewajibkan warga memaki masker jika ke luar rumah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo gencar menyosialiasikan kebijakan ini. Ia bahkan sampai blusukan ke kampung-kampung dan pasar, untuk mengajak warga mengenakan masker.

Tak hanya mengajak, Ganjar juga sembari membagikan masker kain kepada mereka. Ini dilakukan Ganjar dengan gowes di pagi hari.

Sejak beberapa hari terakhir, Ganjar tiap pagi rutin berkeliling sambil bersepeda untuk mengedukasi warga tentang pentingnya pemakaian masker untuk mencegah corona.

Tak hanya sendiri, Ganjar juga ditemani sang istri, Siti Atikoh. Keduanya kompak menyosialisasikan masker sambil bersepeda.

Nganggo masker kabeh. Pokoke nek metu omah, wajib maskeran. (Pakai masker semua. Pokoknya kalau keluar rumah wajib pakai masker – Red),” imbau Ganjar kepada warga.

Setiap melihat warga yang sedang berbelanja maupun pengayuh becak yang mangkal tanpa mengenakan masker, Atikoh seketika menghentikan sepedanya dan membagi masker kain yang dibawanya. Beberapa warga berebut untuk mendapat masker dan berdesakan.

Beberapa warga sempat ada yang mengadu kepada Ganjar lantaran masker saat ini sangat sulit didapat. Jika ada pun harganya sangat mahal.

Mengetahui hal ini, Ganjar pun mengimbau warga untuk memakai masker kain. Bahkan warga bisa membuatnya sendiri dengan kain bekas, asalkan bersih dan steril.

Nggawe dhewe isa, nganggo kain sarung, daster apa sprei. Sing penting tengahe dikei tisu. (Bikin sendiri bisa, pakai kain sarung, daster atau sprei. Yang penting di bagian tengahnya diberi tisu – Red),” jawab Ganjar sambil membagikan masker kain yang dibawanya.

Sosialisasi dan pembagian masker kini menjadi rutinitas Ganjar semenjak Covid-19 mewabah di provinsi yang dipimpinnya. Sembari bersepeda pagi, dia berkeliling Kota Semarang dan membagikan masker kain sumbangan dari berbagai pihak.

“Semoga kesadaran masyarakat untuk pakai masker terus tumbuh. Saya targetkan, 35 juta warga Jateng tertib pakai masker setiap keluar rumah,” harap Ganjar.

Ganjar menambahkan, memakai masker merupakan cara mudah untuk menghambat penyebaran virus corona. Dengan memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan, maka masyarakat akan terhindar dari virus yang telah menjadi pandemi itu.

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.