Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dewan Pati Siap Awasi Penggunaan Dana Desa untuk Penanganan Covid-19

MURIANEWS, Pati – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati berjanji akan melakukan pengawasan terhadap penggunaan Dana Desa untuk menangani Virus Corona atau Covid-19. Pengawasan juga akan dilakukan di masing-masing komisi di DPRD sesuai dengan tupoksinya.

Ketua DPRD Pati Ali Badrudin mengatakan, dalam mencegah persebaran ini, masing-maisng komisi harus melakukan pengawasan langsung ke lapangan. Misalnya saja komisi A, maka harus memastikan kesiapan pemerintah terkait penanganan covid-19 ini.

“Sesuai tupoksinya, Komisi A harus datang ke desa-desa untuk memastikan bagaimana kesigapan pemerintah desa ketika menangani Covid-19 ini,” terangnya usai rapat bersama Badan Musyawarah (Banmus) di Ruang Rapat Paripurna, Kamis (9/4/2020).

Apalagi, lanjut Ali, saat ini Dana Desa (DD) bisa digunakan untuk menangani covid-19. Hanya, banyak desa yang belum tahu dan takut salah prosedur. Karena itu, selain pengawasan, Komisi A juga diharapkan bisa memberikan sosialisasi tata cara penggunaan Dana Desa supaya tepat sasaran dan tak bermasalah hukum.

“Tentunya ini dengan merubah APBDesnya terlebih dahulu,” imbuhnya.

Langkah ini, lanjutnya, perlu dilakukan supaya mata rantai penyebaran covid-19 ini dapat segera tertangani. Dengan begitu, pemerintah desa bisa segera menggunaan DD untuk penanganan Covid-19.

“Ini kan Dana Desanya sudah keluar yang tahap pertama. Komisi A bisa menyampaikan itu (penggunaan Dana Desa untuk Covid-19) bisa segera dilaksanakan,” tegasnya.

Kemudian untuk Komisi B, lanjut Ali, juga harus melakukan hal yang sama sesuai dengan tupoksinya. Misalnya terkait ketersediaan pangan di masyarakat, lonjakan harga dan lain sebagainya.

“Begitu juga dengan Komisi D, terkait dengan kesehatan maupun sekolah. Ini perlu ada pengawasan langsung,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...