Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Peduli Covid-19, Siswa di Pati Ini Bagikan Sembako dan Masker Gratis

MURIANEWS, Pati – Pembagian sembako kepada warga yang terdampak corona virus atau Covid-19 ini memang sudah lazim dilakukan oleh pemangku jabatan. Namun, bagaimana jika itu dilakukan oleh siswa SMA?

Nah, hal itulah yang dilakukan para siswa SMA Negeri 1 Jakenan. Di tengah perjuangan menggeluti pelajaran secara online, naluri kemanusian mereka tetap tergerak untuk mebagikan sembako dan masker kepada warga sekitar. Mereka sadar bahwa Covid-19 ini juga berdampak terhadap roda perekonomian warga.

Karena keprihatinan itulah, kemudian pihak sekolah mengajak siswanya untuk turut andil. Ada tiga desa yang menjadi sasaran, yakni Desa Puluhan Tengah, Sembaturagung dan Dukuhmuyo, Kecamatan Jakenan.

Baca: Satu Lagi Warga Pati Positif Covid-19, Dirawat di RSUD Rembang

Selain membagian sembako dan masker gratis, para siswa juga diajak memberikan sosialisasi terkait cara pencegahan terhadap covid-19 ini.

Kepala SMA N 1 Jakenan Wiyarso mengatakan, kegiatan ini dipilih karena masyarakat di sekitar sekolah masih banyak yang belum mengetahui cara mencegah penyebaran virus Corona dengan benar.

“Selain itu di daerah sekitar juga masih banyak warga kurang mampu yang membutuhkan bantuan akibat terdampak pembatasan fisik (physical distancing). Kegiatan ini berupa pembagian paket sembako dan masker,” katanya, Rabu (8/4/2020).

Selain itu, mereka membantu pengecekan suhu tubuh menggunakan infrared thermometer sebagai deteksi awal kondisi masyarakat sekitar.

Baca: Hindari Pemeriksaan, Pemudik Asal Zona Merah Ogah Turun di Terminal Pati

“Untuk pengecekan ini, kami bekerja sama juga dengan pihak medis dari Puskesmas Jakenan,” ungkapnya.

Kegiatan yang dikomandoi para wakil kepala sekolah ini berhasil menyerahkan puluhan paket sembako dan masker tersebut.

“Kami berupaya mengedukasi masyarakat, utamanya warga sekitar agar senantiasa berperilaku sehat untuk mencegah meluasnya wabah corona virus. Salah satunya memakai masker sesuai anjuran pemerintah. Dan ternyata memang masih banyak warga yang belum bermasker. Sehingga kami harap bantuan ini bermanfaat,” imbuh Wiyarso.

Dirinya berharap agar wabah covid-19 ini segera berakhir. Sehingga masyarakat bisa beraktivitas normal kembali, anak-anak juga bisa kembali belajar dan berproses di sekolah sebagaimana mestinya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...