Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Pasien Positif Covid-19 di Kudus Berangsur Membaik

MURIANEWS, Kudus – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kudus menyatakan dua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 kini kondisinya mulai membaik. Peningkatan kondisi kesehatan dua pasien tersebut juga semakin membaik.

Ketua Tim Gugus tugas HM Hartopo mengatakan keduanya kini tengah menunggu hasil tas swab lanjutan. Pihaknya berharap hasil baik akan diterima saat uji swab keluar nanti.

“Kami harapkan hasilnya negatif, saat ini mereka kondisinya cukup bagus,” katanya Senin (6/4/2020).

Hasil pelacakan jejak kontak keduanya, kata Hartopo, juga telah dilakukan dengan melakukan tes cepat (rapid test). Baik pasien yang merupakan warga Kecamatan Bae, Kudus maupun orang yang kontak dengan pasien asal Kecamatan Dukuhseti, Pati pun menunjukkan hasil negatif Covid-19.

“Semua yang dites kemarin hasilnya negatif, lima orang dari kontak warga Kudus, 74 orang yang kontak dengan pasien Pati juga negatif,” terangnya.

Pemkab Kudus sendiri, lanjutnya, masih berupaya mendapatkan rapid test. Mengingat pihaknya telah menganggarkan belasan miliar rupiah untuk alat kesehatan yang berkaitan dengan Covid-19.

Sementara juru bicara pencegahan dan pengendalian Covid-19 Kabupaten Kudus Andini Aridewi menambahkan kedua penderita corona positif tersebut tengah dievaluasi. Mereka, tambahnya, juga sedang dalam masa penyembuhan.

“Mereka mengalami peningkatan yang cukup bermakna,” terangnya.

Baca: Dua Pasien di RSUD Loekmono Hadi dan Mardirahayu Positif Corona, Asal Kudus dan Pati

Kini, dua pasien tersebut telah diambil sampel swab lanjutannya. Untuk kemudian diuji kembali apakah masih ada virus Covid-19 di tubuh pasien atau tidak.

“Kini, kami masih menunggu kembali untuk hasil swab kedua. Semoga dinyatakan sembuh segera,” lanjutnya.

Andini menjelaskan, hasil swab pertama kali untuk penegakan diagnosis, keduanya dinyatakan positif corona. Namun seteleh dievaluasi ada perbaikan hasil, karena dari isolasi dilakukan pemeriksaan lagi hasilnya negatif.

Keduanya, kata dia, saat ini dalam kondisi baik, namun belum bisa dinyatakan sembuh karena harus ada evaluasi lagi. “Kami menunggu hasil swab ketiga. Kalau sudah ada hasil mudah-mudahan negatif,” terangnya.

Ia menjelaskan, kedua orang yang sebelumnya dinyatakan positif langsung dilakukan isolasi di rumah sakit. Dengan begitu, pemantauan dirasa lebih efektif. Isolasi juga bisa dilakukan optimal dan kecukupan nutrisinya bisa dipantau.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...