Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dana Desa di Grobogan Bisa Digunakan untuk Tangani Corona

0 276

MURIANEWS, Grobogan – Pemerintah desa bisa mengalokasikan anggaran khusus untuk penanggulangan virus corona atau Covid-19 melalui Dana Desa yang bersumber dari APBN. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Grobogan Sanyoto, Sabtu (4/4/2020).

Menurutnya, ada beragam kegiatan penanggulangan Covid-19 yang bisa dialokasikan menggunakan Dana Desa. Misalnya, penyemprotan disinfektan, sosialisasi ke warga, hingga penyediaan ambulans desa maupun sarana pengangkutan orang sakit menuju fasilitas kesehatan serta kegiatan padat karya.

Penanganan Covid-19 sebelumnya memang belum teralokasikan dalam APBDes masing-masing desa. Sebab, wabah ini baru muncul setelah penetapan APBDes tahun anggaran 2020. Meski begitu, upaya penanggulangan Covid-19 tersebut tetap bisa dilakukan dengan pergeseran kegiatan yang tidak menjadi prioritas.

Selain itu, Dana Desa juga dimungkinkan untuk dialokasikan untuk pelaksanaaan karantina mandiri bagi warga setempat yang statusnya sebagai orang dalam pemantauan (ODP). Hanya saja, hal itu bisa dilakukan jika pemerintah di atasnya, belum memberikan bantuan bagi warga yang dikarantina tersebut.

“Kalau ada warga yang sudah dinyatakan ODP dan menjalani masa karantina mandiri, bisa dibantu pihak desa dengan menggunakan Dana Desa. Untuk penetapan status karantina juga harus dikuatkan dengan pernyataan dari pihak berwenang,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.