Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bantuan Terus Berdatangan, Stok APD di Kudus Mulai Aman

MURIANEWS, Kudus – Bantuan alat pelindung diri (APD) bagi tim paramedis di Kudus terus berdatangan. Beberapa APD standartseperti coverall, masker, serta sarung tangan medis pun mulai disalurkan baik dari pihak aparatur sipil negara (ASN) maupun pihak swasta.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Joko Dwi Putranto pun mengucapkan terimakasih atas semua bantuan yang diberikan masyarakat dan pihak swasta. Hingga pada akhirnya pihaknya kini sedikit terbantu dalam pengadaan alat pelindung diri.

“Kami ucapkan terimakasih atas semua pihak yang turut serta dalam hal ini,” katanya usai menerima bantuan APD dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kudus di posko Covid-19 Terminal Jati Kudus, Sabtu (4/4/2020).

Bantuan APD, kata Joko, kemudian akan didistribusikan ke sejumlah rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. Seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi, RS Mardi Rahayu, RSI Sunan Kudus, dan sejumlah rumah sakit lini tiga lainnya. “Kami akan segera distribusikan,” ucapnya.

Sementara soal kecukupan APD, Joko mengatakan hingga kini dirasa sudah cukup. Walau memang ada beberapa APD yang dirasa masih langka.

APD, Kata Joko, akan dipergunakan sesuai peruntukannya. Sehingga bisa cukup dan tepat sasaran dalam pemakaiannya. “Jadi memang khusus untuk tim medis dan pekerjaan-pekerjaan lain yang bersinggungan,” terangnya.

Sementara Ketua PPNI Kudus Masvan Yulianto mengatakan jika pemberian APD berupa coverall dan multivitamin ini adalah wujud  dari kepedulian mereka terkait langkanya APD medis di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19.

Total, ada sekitar 250 APD coverall dan vitamin yang diberikan pada DKK Kudus. “Kami akan berperan serta dalam penanganan virus Covid-19 ini,” terangnya.

Sementara bantuan APD coverall dan masker medis juga mulai diberikan DPRD Kudus pada sejumlah rumah sakit di Kabupaten Kudus. Untuk hari ini, pembagian bantuan ditujukan di empat rumah sakit. Total ada 70 coverall dan 2500 masker yang dibagikan.

Yakni di rumah sakit rujukan lini satu RSUD Kudus, lini dua RS Mardi Rahayu, serta lini tiga di RS Masyitoh dan RSI Sunan Kudus.

“Ke depan kami akan berikan ke sejumlah rumah sakit lainnya secara berkala, ini adalah komitmen kami dalam menanggulangi wabah Covid-19 ini,” kata Sekretaris Komisi D Muhtamat, Sabtu siang.

Pihaknya pun turut mengajak masyarakat luas untuk turut berperan serta dalam menanggulangi wabah Covid-19 di Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...