Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tim Satgas Covid-19 Jepara Tak Rekomendasikan Penggunaan Disinfektan

MURIANEWS, Jepara– Penggunaan cairan disinfektan yang saat ini dilakukan secara besar-besaran dalam upaya penanggulangan covid 19 diminta ditinjau ulang. Masyarakat diharapkan bisa menggunakan bahan-bahan antiseptik lain yang lebih efektif dan efisien dampaknya.

Ketua Satgas Penanggulangan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko bahkan menegaskan pihaknya tidak merekomendasikan penggunaan cairan disinfektan. Cairan ini selain mengandung  senyawa kimia berbahaya bagi kesehatan, harganya juga cukup mahal. Selain itu diketahui juga tidak efektif untuk jangka waktu lama.

Edy Sujatmiko juga menyatakan disinfektan memang cukup ampuh dalam upaya menangkal virus corona. Namun, hal itu hanya efektif bertahan selama kurang lebih hanya dalam waktu tiga jam saja.  Cairan ini akan efektif ketika masih berwujud cairan. Sedangkan saat sudah kering, dampak membunuh virusnya tidak ada lagi.

“Kami hanya kuatir saja, saat masyarakat sudah menyemprotkan cairan disinfektan terus terlena, karena merasa sudah aman. Untuk di rumah lebih baik kita manfaatkan detergen saja. Sering-sering mencuci tangan,” ujar Edy Sujatmiko, Jumat (3/4/2020).

Meskipun demikian, Tim Satgas Covid 19 Jepara tidak akan melarang penggunaan disinfektan dalam upaya pencegahan virus ini. Paling penting masyarakat memahami masing-masing kegunaan dan daya bunuh dari tiap-tiap cairan disinfektan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...