Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemprov Jateng Borong 10 Ribu APD, Dibagikan Hingga Puskesmas

MURIANEWS, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memborong 10 ribu unit alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis. APD ini dibeli dengan harga murah dari produsen lokal, dan akan dibagikan untuk puskesmas dan rumah sakit rujukan Covid-19.

Meski berharga murah dan dibuat dari sisa produksi, namun APD tersebut dipastikan sudah sesuai dengan standar yang ditentukan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, langkah ini diambil untuk melindungi para tenaga medis. Pasalnya mereka yang menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien corona.

“Mereka (tenaga medis) tidak pernah tahu, bahwa pasien yang datang berobat itu sakit atau tidak. Sehingga, mereka membutuhkan bantuan agar tetap terlindungi,” kata Ganjar, Jumat (3/4/2020).

Gubernur Ganjar Pranowo meninjau produksi APD di PT Arindo Garmentama. (MURIANEWS/Istimewa)

APD ini dibeli dari PT Arindo Garmentama. Ganjar juga mengaku tak perlu pikir panjang untuk memborong APD dari pabrik ini.

Pasalnya, dia melihat sendiri bagaimana proses produksi APD dan juga masker di pabrik itu. Dan meski dibuat dari bahan sisa produksi, APD itu tetap memenuhi standar pemerintah.

“Tadi mereka mengatakan siap memproduksi 10.000 APD dan mau dijual murah. Langsung saya borong semuanya,” ujarnya.

Selain APD yang dibeli sendiri, Pemprov Jateng juga mendapat bantuan 200 paket APD dari perusahaan garment, Dunia Tex. Ganjar mengaku sangat bangga, masyarakat bergotong-royong untuk ikut memerangi virus yang menjadi pandemi di dunia itu.

“Saya senang sekali karena grengseng gotong royong sekarang mulai berjalan. Semangat kebersamaan mulai nampak dan menimbulkan kesadaran. Tidak hanya pemerintah, masyarakat, tokoh agama, ulama, perusahaan dan lainnya sekarang peduli,” terangnya.

Baca: Pemprov Jateng Bagikan Makan Siang Gratis untuk Ojol, 30 Menit Seribu Bungkus Ludes

Di Jawa Tengah terdapat banyak pabrik garment yang sudah melakukan gerakan gotong royong. Mereka mengisi sebagian slot produksinya untuk memproduksi masker ataupun APD.

“Ini wujud bagaimana respon dunia usaha berpartisipasi dalam situasi wabah seperti sekarang ini. Mereka membantu pemerintah melawan covid-19 dengan cara membantu para tenaga medis dengan membuat masker atau APD. Saya sangat senang dan bangga, gerakan ini luar biasa,” pungkasnya. (lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...