Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Takmir Masjid di Grobogan Diimbau Besok Tak Selenggarakan Salat Jumat

MURIANEWS, Grobogan – Para takmir masjid di wilayah Grobogan diimbau tidak menyelenggarakan salat Jumat pada hari Jumat (3/4/2020) besok. Warga diimbau untuk menggantinya dengan salat zuhur di rumahnya masing-masing.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Grobogan Hidayat Maskur pada wartawan, usai rakor pelaksanaan salat Jumat di tengah wabah virus corona di kantornya, Kamis (2/4/2020).

“Salah satu kesepakatan dalam rakor tadi adalah mengimbau kepada takmir masjid tidak menyelenggarakan salat Jumat, dan menggantinya dengan salat zuhur di rumahnya masing-masing. Kesepakatan ini berlaku sampai situasi kondusif dan dinyatakan bebas dari virus corona,” katanya.

Rakor tersebut diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Grobogan dengan beberapa pengurus ormas Islam setempat. Yakni, NU, Muhammadiyah, LDII, dan MTA.

Rakor dihadiri Sekretaris Daerah Grobogan Moh Sumarsono, Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, dan Kepala Dinas Kesehatan Slamet Widodo.

Menurut Hidayat, apa yang tertuang dalam kesepakatan itu sifatnya adalah imbauan. Pihaknya tidak melarang bagi takmir masjid yang memutuskan untuk tetap menyelenggarakan salat Jumat.

Dengan catatan, dalam pelaksanaannya perlu koordinasi dengan pihak terkait lainnya dan menerapkan standar penanganan Covid-19. Seperti, menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak.

Selain itu, jika akan menyelenggarakan salat Jumat maka pelaksanaannya juga harus dipercepat. Misalnya, untuk penyampaian khutbahnya cukup lima menit saja, dan setelah selesai salat, jemaahnya langsung pulang.

“Dalam rakor tadi, semua juga sepakat untuk mengimbau kepada masyarakat supaya tetap tenang, tidak panik dan senantiasa berdoa dengan lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing,” terangnya.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...