Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Relawan Ini Keliling Rumah Sakit di eks-Karesidenan Pati Bagikan APD Medis

MURIANEWS, Kudus – Relawan APD Medis Jawa Tengah membagikan Alat Pelindung Diri (APD) di sejumlah rumah sakit di wilayah eks-Karesidenan Pati. Langkah tersebut, merupakan wujud  dari kepedulian mereka terkait langkanya APD medis di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19.

Perwakilan Relawan APD Medis Jateng Nuruz Zaman mengatakan, hingga Rabu (1/4/2020) hari ini sudah ada sebanyak 200 APD yang disebar di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19. Di antaranya RSUD Loekmono Hadi Kudus, RS Aisyiah Kudus, RSI Sunan Kudus, serta sejumlah rumah sakit lain di luar Kudus.

“Kami setelah ini akan menyalurkan APD di RSUD Demak dan Rumah sakit di Mayong, Jepara,” katanya usai menyerahkan APD baju coverall di RS Aisyiah Kudus.

Terkait sumber dana, Zaman mengatakan jika semua hasil APD merupakan sumbangan dana para donatur. Untuk kemudian dibelikan bahan baju APD dan dijahitkan di penjahit penjahit lokal.

“Ada yang memang menyumbang dana, ada yang menyumbang dengan jasa, kami sangat berterimakasih untuk ini,” lanjutnya.

Proses pembuatan APD oleh tenaga jahit Relawan APD Jateng yang mengenakan pakaian khusus agar APD tetap steril. (MURIANEWS/Istimewa)

Soal bahan dan cara pembuatan, Zaman menjelaskan jika semua APD yang diproduksi dipastikan sesuai dengan standar. Para tenaga jahit, saat pembuatan juga mengenakan pakaian khusus agar terjaga sterilnya.

“Kami perhitungkan dengan matang bagaimana caranya bisa mencapai standarnya walau belum seratus persen,” ucapnya.

Sementara untuk rencana ke depan, Zaman menargetkan untuk menambah variasi bantuan Relawan APD Medis Jateng. Yakni dengan turut membantu pengadaan face shield atau helm pelindung bagi tenaga medis yang merawat pasien Covid-19.

Sedang dengan adanya bantuan ini, pihaknya bersama para Relawan APD Medis Jateng berharap bisa meringankan beban rumah sakit. Terutama dalam hal pengadaan alat pelindung diri bagi para tenaga kesehatan.

“Semoga ini bisa sedikit membantu, para tenaga medis dalam menjalankan tugasnya serta semoga virus corona ini segera berakhir,” terangnya.

Sementara itu, Direktur RS Aisyiyah Kudus Hilal Ariadi mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan pada pihaknya. Hilal mengakui, pihaknya kini memang tengah kesulitan mendapat APD. Padahal rumah sakitnya merupakan rumah sakit rujukan  kelas III dan sempat menangani Pasien dalam Pengawasan (PDP).

“Kami memang kesulitan memenuhi kebutuhan APD, ini sangat membantu sekali,” ucapnya.

Sedang hingga hari ini, pihaknya sudah merawat setidaknya enam PDP. Empat di antaranya dinyatakan sembuh. Sedang dua lagi sudah di rujuk ke rumah sakit rujukan lini dua dan satu.

“Untuk saat ini belum ada pasien lagi, kami harap memang pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...