Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kudus Alokasikan Rp 15 Miliar Basmi Covid-19, Saber Pungli Siap Awasi

0 312

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menyiapkan anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kudus. Dana tersebut diambilkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kudus tahun 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Joko Dwi Putranto menjelaskan, anggaran tersebut dipakai untuk pengadaan alat kesehatan. Seperti alat pelindung diri (APD), rapid test, dan peralatan serta pelaksanaan penyemprot disinfektan di Kabupaten Kudus.

“Sebagian alat kesehatan sudah datang, tetapi sebagian lagi belum. Tapi detilnya yang belum saya kurang hafal,” katanya Selasa (31/3/2020).

Joko menyebut, jumlah alat rapid tes corona yang diberikan dari Pemprov Jateng ‎hanya berjumlah 50 unit saja. Oleh karena itulah pengadaan rapid test secara mandiri perlu dilakukan.

“Kemarin itu sudah datang tapi jumlahnya sedikit, makanya kami perlu untuk menambah lagi,” terangnya.

Sementara pihak Kepolisian Resor (Polres) Kudus ‎akan memantau penggunaan anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk penanganan Covid-19 tersebut. Tim Saber Pungli pun akan dikerahkan guna memantau pemakaian anggaran tersebut.

“Kami sudah punya tim Saber Pungli. Itu yang akan melakukan pemantauan,” ujarnya di sela-sela Apel Siaga Covid-19, Selasa (31/3/2020).

Selain melakukan pemantauan anggaran, pihak kepolisian juga mengawasi informasi keliru mengenai virus corona.

Pasalnya banyak berita hoaks yang beredar di tengah masyarakat Kudus dan kerap meresahkan. “Ya misal berita yang dibesar-besarkan,” ujarnya.

Pihaknya pun sudah mendapatkan lima akun media sosial yang sudah diawasi rekam jejak elektroniknya. Dalam hal ini, pihaknya tak segan akan menjerat kepada pelaku itu dengan undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Sekarang kami sudah melakukan pemantauan terhadap dua sampai lima akun media sosial dan akan melakukan take down terhadap konten hoaks‎,”  pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.