Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kabar Baik! Pasien Corona dari Pamotan Rembang Sudah Sembuh

0 331

MURIANEWS, Rembang – Kabar baik terkait Covid-19 datang dari Kabupaten Rembang. Satu pasien positif corona dari Rembang yang dirawat di RS Wongsonegoro Semarang, Selasa (31/3/2020) telah dinyatakan sembuh.

Pasien dari Kecamatan Pamotan Rembang itu, kini telah dijemput oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Rembang untuk diantar ke rumahnya.

Kepala Dinkes Rembang dr Ali Syafi’i membenarkan hal ini. Menurut dia, dari hasil swab kedua dari pasien itu menunjukkan negatif Covid-19.

Dengan dipulangkannya pasien tersebut, ia berharap warga sekitar tak mengucilkannya. Karena menurut dia, pasien tersebut sudah tidak membawa bibit virus corona.

“Karena sudah dinyatakan negatif , sehingga sudah tidak membawa virus corona lagi dalam tubuhnya, ini yang perlu digaris bawahi. Mohon disampaikan kepada warga, bahwa yang bersangkutan sudah tidak berpotensi menularkan apapun terkait corona,” katanya dalam keterangan persnya.

Pasien tersebut awalnya tertular corona, saat berinteraksi dengan pasien positif di Bali. Ia kemudian pulang dalam kondisi sakit, hingga akhirnya dibawa ke RSUD Rembang dan dinyatakan sebagai Pasien dalam Pengawasan (PDP).

Baca: Satu Warga Positif Covid-19, Rembang Langsung Terapkan KLB

Setelah dirujuk ke RS Wongsonegoro Kota Semarang, baru dipastikan jika pasien tersebut positif Covid-19. Setelah beberapa hari menjalani perawatan intensif di ruang isolasi, pasien itu kini telah dinyatakan sembuh.

Meski demikian menurut dia, pasien asal Pamotan itu masih membutuhkan fase pemulihan, sehingga dianjurkan untuk istirahat total.

Dokter Ali juga memastikan, semua orang yang pernah kontak langsung dengan pasien itu telah dimasukkan dalam daftar Orang dalam Pemantauan (ODP). Totalnya ada 23 orang, dan semuanya dinyatakan sehat tidak mengalami gangguan kesehatan, yang artinya tidak tertular virus covid-19.

“Semua ODP kontak dengan pasien, saat ini sudah 14 hari melakukan karantina mandiri. Semuanya sehat, sehingga sudah lepas dari risiko penularan,” terangnya.

Ia menyatakan, dengan telah dipastikan satu pasien ini sembuh dari corona, maka di Rembang sudah tidak ada lagi pasien positif Covid-19.

Baca: Rembang Anggarkan Rp 7,6 Miliar Tangani Corona, Dana Perjalanan Dinas Dikepras

Meski demikian, pihaknya tetap meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan seperti apa yang telah dianjurkan oleh pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Sebelumnya diberitakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang memberlakukan status Kejadian Luar Biasa (KLB) setelah ada satu warganya dinyatakan positif corona. Status KLB diterapkan pada Sabtu (28/3/2020).

Hingga kini langkah-langkah percepatan penanganan telah dilakukan di antaranya. Membatasi jam operasional pasar tradisional, pertokoan, PKL dan lainnya. Selain itu, Pemkab Rembang juga menyiapkan dana Rp 7,6 miliar untuk KLB ini.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.