Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemprov Jateng Bagikan Makan Siang Gratis untuk Ojol, 30 Menit Seribu Bungkus Ludes

0 176

MURIANEWS, Semarang – Program pembatasan sosial yang digencarkan pemerintah untuk menekan peredaran Covid-19, memengaruhi banyak pihak. Tak terkecuali bagi para tukang ojek online (ojol) yang mulai sepi order, dan pendapatan mereka pun menurun dratis.

Untuk meringankan beban para ojol ini, Pemprov Jateng membagikan makan siang gratis, Selasa (31/3/2020) di depan kantor gubernuran Jalan Pahlawan Semarang. Ada seribu paket makan siang yang disiapkan, dan semuanya ludes hanya dalam waktu tiga puluh menit.

Bahkan beberapa ojol ada yang sudah menunggu sampai 15 menit, sebelum paket makan siang itu dibagikan pada pukul 11.00 WIB.

Rencananya, tak hanya untuk hari ini saja pembagian makan siang gratis ini akan dilakukan. Kepala Biro Umum Setda Pemprov Jateng, Edy Supriyanta mengatakan, aksi ini akan dilakukan selama dua pekan berturut-turut.

“Ini sesuai petunjuk Pak Gubernur. Hari ini seribu bungkus ternyata dalam waktu singkat langsung habis,” katanya.

Oleh karenanya, untuk hari kedua pihaknya akan menambah jumlah paket makan siang yang akan disiapkan. Yakni mencapai 1.500 bungkus.

Tak hanya ojol, para petugas kebersihan yang kebetulan lewat di depan kantor Gubernur Jawa Tengah dan lansia juga menerima bantuan makan siang tersebut.

Baca juga:

“Programnya memang untuk ojek online. Tetapi kalau ada masyarakat yang membutuhkan juga kami bantu,” ujarnya.

Untuk membagikan makan siang gratis itu, pemerintah dibantu aparat kepolisian dan TNI. Terutama untuk mengatur antrean dan jarak antarojol yang antre.

Edy Supriyanta mengatakan, dana yang digunakan untuk program pembagian makan siang gratis ini diambilkan dari APBD dan juga sumbangan PNS di lingkungan Pemprov Jateng.

Sementara itu, Sugeng salah satu ojol mengaku makan siang gratis ini cukup mengurangi bebannya. Apalagi sejak ada pembatasan aktivitas karena pandemi Covid-19, orederan dan pendapatannya menurun.

“Orderan sudah sepi sejak akhir Januari dan terus menurun sampai Maret,” katanya.

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.