Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kantor POS Jepara Imbau Pensiunan Tak Datang Bersamaan saat Ambil Uang Pensiun

MURIANEWS, Jepara – Kantor Pos Cabang Jepara bersiap-siap memberikan pelayanan sehat  dan aman bagi para pensiunan yang sebentar lagi akan mengambil uang pensiunnya. Di tengah situasi penyebaran virus corona, Kantor Pos Jepara harus bekerja keras untuk tetap memberikan pelayanan dengan tetap memberikan perlindungan serius terhadap potensi penyebaran corona.

Kepala Kantor Pos Cabang Jepara Ali Ghozi Purnomo, menyatakan, seperti biasanya pada tanggal 1 setiap bulannya, pihaknya melakukan pelayanan terhadap para pensiunan. Pelayanan ini dibuka di semua kantor pelayanan yang ada.

Khusus terkait dengan pelayanan ini, untuk meminimalkan resiko maka pihaknya telah menyusun kebijakan khusus. Mulai April sampai situasi normal kembali, pelayanan pembayaran gaji bagi para pensiunan akan diatur sedemikian rupa.

Pengaturannya, untuk tanggal 1 akan dilayani bagi pensiun janda/duda (Taspen). Kemudian untuk tanggal 2 dikhususkan kepada pensiun  janda/duda (Asabri). Lalu pada tanggal 3 akan dilayani untuk pensiun Sipil ABRI/Polisi/Veteran (Asabri). Sedangkan tanggal 4 dilayani untuk pensiun ABRI/Polisi (Asabri).

“Sementara untuk tanggal 5 sampai dengan 27 kami membuka layanan untuk semua jenis gaji pensiun yang pembayarannya dilakukan melalui layanan Kantor Pos. Pengaturan ini kami harapkan bisa dipahami oleh semua pensiunan, sehingga bisa mengurangi kerumunan di kantor pelayanan kami,” ujar Ali Ghozi Purnomo, Senin (30/3/2020).

Berkaca dari apa yang terjadi selama ini, para pensiunan biasanya tetap datang bersama-sama pada tanggal 1. Kantor Pos Cabang Jepara dalam hal ini akan menyediakan tenda sebagai ruang tunggu. Kemudian juga akan disediakan sarana cuci tangan bagi mereka. Kursi tunggu akan diatur sehingga memiliki jarak minimal 1 meter sesuai yang diisntruksikan pemerintah.

Lebih dari itu, diharapkan juga para pensiunan bisa membekali dirinya dengan pengaman diri seperti masker dan hands sanitizer. Kantor-kantor pelayanan di masing-masing kecamatan juga sudah dinstruksikan untuk bisa memperhatikan pengamanan kesehatan yang diwajibkan dalam hal ini.

“Pengamanan dari sisi kesehatan, tentu saja tidak hanya berkait dengan penyerahan uang pensiun saja, namun dalam setiap pelayanan Kantor Pos yang hingga kini masih berjalan. Karena kami memang memberikan pelayanan publik, maka hal-hal itu juga menjadi perhatian kami,” tambah Ali Ghozi Purnomo.

Sementara itu Manajer Umum Kantor Pos Cabang Jepara, Lardi menyatakan untuk jumlah pensiunan di Kabupaten Jepara yang pembayaran gajinya diambil melalui Pos, jumlahnya mencapai sekitar 2000 orang.

Para pensiunan tersebut selama ini dilayani melalui semua kantor pelayanan yang ada di Kabupaten Jepara. Khususnya di Kantor Pos Cabang Jepara, sebagian besar para pensiunan datang mengambil uang gaji pensiun mereka.

“Namanya para pensiunan, biasanya sekalian mengambil gaji, mereka juga kadang-kadang juga ingin berkumpul silahturahmi. Hal inilah yang harus kami antisipasi, agar tidak ada kerumunan,” tegas Lardi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...