Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Pati Lacak Warga yang Punya Riwayat dengan Almarhum Imam Suroso

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten Pati terus melakukan pelacakan terhadap warga yang mempunyai riwayat kontak langsung dengan almarhum Imam Suroso Anggota Komisi IX DPR yang meninggal sebagai Pasien dalam Pengawasan (PDP) virus corona atau Covid-19. Apalagi, sebelum meninggal, politisi PDIP itu sempat melakukan beberapa kegiatan di Pati.

“Setelah mendapatkan informasi bahwa almarhum berstatus PDP dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Jumat (27/3/2020) malam, kami langsung berkoordinasi dengan tim penanganan COVID-19 untuk melakukan pelacakan,” kata Ketua Gugus Tugas COVID-19 Pati Suharyono di Pati seperti dikutip Antara, Sabtu (28/3/2020).

Ia menjelaskan, menurut informasi almarhum memang sempat menggelar acara bakti sosial membagikan masker, dan cairan hand sanitazer kepada masyarakat di Desa Winong serta di Pasar Puri Pati pada tanggal 20 Maret 2020. Selain itu, almarhum juga sempat menggelar acara bakti sosial pengobatan gratis.

Baca: BREAKING NEWS: Anggota DPR RI Fraksi PDIP Imam Suroso Meninggal Dunia

Oleh karena itu, ia meminta, tim Covid-19 Pati melakukan pelacakan warga yang pernah kontak dengan almarhum. termasuk tim medis dari Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati maupun wartawan yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Untuk tim medis dari RS Mitra Bangsa, kami optimistis paham dan langsung mengisolasi diri. Sedangkan masyarakat perdesaan tentunya harus dilacak agar tidak sampai melakukan kontak dengan orang lainnya,” ujarnya.

Ia berharap warga yang mengetahui informasi bahwa almarhum Imam Suroso adalah PDP corona untuk segera mengisolasi diri selama 14 hari dan jika ada gejala demam maupun batuk, disarankan untuk periksa ke dokter.

Baca: Meninggal di RSUP Kariadi, Anggota DPR RI Imam Suroso PDP Covid-19

Atas peristiwa tersebut, Suharyono mengakui harus bekerja keras karena dimungkinkan terjadi kontak secara berantai, terutama dari pedagang pasar yang sebelumnya pernah kontak dengan almarhum saat pembagian masker dan penyanitasitangan karena mereka juga melakukan kontak dengan pembeli.

Almarhum Imam Suroso, anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDI Perjuangan meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di RSUP Kariadi Semarang, Jawa Tengah pada Jumat (27/3/2020).

Pihak keluarga sendiri langsung memakamkan almarhum di dekat tempat kediamannya Pati pada Jumat (27/3/2020) malam.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara

Comments
Loading...