Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gunung Merapi Kembali Meletus, Magelang Hujan Abu

MURIANEWS, Magelang – Gunung Merapi kembali meletus dan mengeluarkan awan panas, Jumat (27/3/2020). Letusan gunung kali ini terjadi pada sekitar 10.56 WIB.

Berdasarkan laporan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta (BPPTKG) Yogyakarta, letusan terjadi selama tujuh menit. Akibat letusan, muncul kolom abu setinggi 5.000 meter dari kawah gunung.

Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida mengatakan akibat letusan tersebut hujan abu turun di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

“Hujan abu bercampur pasir halus dilaporkan terjadi di wilayah Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang,” katanya seperti dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Gunung Merapi Meletus, Kolom Abu Mencapai Enam Kilometer

Ia menjelaskan, letusan yang terjadi pada hari ini terekam di seismogram dengan amplitudo 75 milimeter dengan durasi tujuh menit. Timbul pula awan panas akibat letusan sejauh dua kilometer dari puncak ke arah selatan-tenggara.

Setelah letusan ini, tidak ada perubahan status Gunung Merapi. BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada. Status itu belum berubah sejak Mei 2018. Radius bahaya juga masih sama, yaitu 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 kilometer dari puncak serta mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...