Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sebagian Besar Masjid di Purwodadi Grobogan Tak Gelar Salat Jumat

MURIANEWS, Grobogan – Kondisi kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan, pada Jumat (27/3/2020) hari ini berbeda dengan Jumat pekan lalu. Di mana, pada hari ini, sebagian besar masjid di kawasan kota Purwodadi tidak menyelenggarakan salat Jumat.

Sedangkan pada hari Jumat sebelumnya, aktivitas salat Jumat masih berlangsung seperti biasanya.

Dari pantauan di lapangan, di Masjid Agung Baitul Makmur yang ada di barat Alun-Alun Purwodadi dan Masjid Jabalul Khoir Simpanglima sudah dipasang pengumuman jika tidak ada salat Jumat. Kondisi serupa juga terlihat di beberapa masjid yang ada di kampung Jetis, Kuripan, Jengglong Barat.

Meski tidak ada pelaksanaan salat Jumat, namun masih ada sejumlah orang yang ada di dalam masjid. Sebagian di antaranya terlihat sedang menunaikan salat dan beberapa orang lainnya tampak duduk-duduk.

Sementara itu, Sekretaris MUI Grobogan Nur Kholis menyatakan, terkait merebaknya vorus corona atau Covid-19, pihaknya memang memberikan imbauan kepada pengelola masjid untuk tidak menyelenggarakan salat Jumat pada tanggal 27 Maret 2020, dan menggantinya dengan salat Zuhur empat rakaat di rumah masing-masing.

Dari imbauan itu, banyak pengelola masjid yang akhirnya memutuskan untuk tidak menyelenggarakan salat Jumat. Meski demikian, ada juga takmir masjid yang memutuskan untuk menyelenggarakan salat Jumat seperti biasanya.

“Untuk masjid di kawasan kota Purwodadi, sebagian besar memang memutuskan tidak menyelenggarakan salat Jumat. Dalam hal ini, keputusannya memang kita serahkan pada pengelola atau takmir masjid masing-masing. Kita dari MUI hanya sebatas menyampaikan imbauan,” jelasnya.

Baca: Sejumlah Masjid di Kudus Tetap Gelar Salat Jumat, Jemaah Disemprot Disinfektan

Mengenai pelaksanaan salat Jumat mendatang akan dikeluarkan imbauan berikutnya sesuai perkembangan situasi.

Untuk pelaksanaan jemaah salat fardhu lima waktu, dapat dilaksanakan di masjid. Namun, harus tetap memperhatikan sisi keamanan dan kesehatan serta menjaga jarak komunikasi.

“Kami juga mengimbau tidak menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak orang. Baik di dalam masjid atau di tempat lain,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...