Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PDIP Jepara Desak Pemkab Susun Program Integral Atasi Covid-19

0 126

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara diminta untuk segera menyusun program penanggulangan Covid-19 secara integral melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada. Setiap OPD diharapkan bisa membuat program yang diarahkan untuk penanggulangan virus ini, sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Permintaan ini disampaikan oleh Ketua DPC PDIP Jepara, Andang Wahyu Triyanto disela-sela menyampaikan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) ke DKK Jepara, Kamis (26/3/2020). Menurut Andang Wahyu Triyanto, dampak yang terjadi atas penyebaran virus corona saat ini terjadi di berbagai sektor. Semuanya membutuhkan perhatian dan penanganan dari semua pihak, dan terutama Pemerintah.

Karena itu, Andang meminta agar Pemkab Jepara bisa lebih serius dalam menyusun program-programnya terkait corona ini. Jangan sampai terjadi keterlambatan, sehingga dampaknya akan lebih besar lagi.

“Maksud saya, OPD yang ngurusi pasar misalnya bagaimana menjaga pasar tetap bisa berfungsi namun juga terjaga dari kemungkinan paparan virus ini. Pun begitu dengan OPD yang lainnya, semua bisa menyusun program yang arahnya untuk penanggulangan virus ini. Tentu saja disesuaikan kebutuhan dari masing-masing sektor,” ujar Andang Wahyu Triyanto, Kamis (26/3/2020).

Sehingga dengan demikian, semua program yang dilaksanakan bisa terintegral dan semua fokus untuk mengatasi masalah penanggulangan virus ini. Dengan cara demikian, diharapkan program penanganan virus corona yang dicanangkan pemerintah pusat bisa terlaksana dengan maksimal di tingkat daerah.

Selanjutnya Andang Wahyu juga menyoroti pengawasan dan penerapan Social Distancing dan Phisical Distancing di Kabupaten Jepara. Program ini seharusnya juga dikawal oleh Pemkab Jepara. Berbagai upaya harus dilakukan agar masyarakat paham dan melakukannya dengan sungguh-sungguh.

“Ya harus tegas dan sungguh-sungguh untuk soal ini (sosial distancing-red). Para pejabat daerah juga harus memberikan contoh-contoh nyata dalam hal ini. Jadi tidak usah dulu melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya hoby sekalipun, namun menimbulkan kerumunan misalnya. Ini penting dilakukan untuk membangun kepercayaan masyarakat dalam kaitan ini,” tegasnya.

Lebih penting lagi, menurutnya dengan adanya program-program ini masyarakat akan semakin meningkatkan partisipasinya. Lembaga-lembaga di luar pemerintah juga perlu diajak berkoordinasi sehingga ada kesamaan langkah terkait hal ini.

Peran serta masyarakat harus ditumbuhkan, namun dengan tetap Pemerintah berada di paling depan. Sehingga semua program-program kegiatan yang dilakukan bisa sejalan dan sama visi dan misinya.

“Saya pikir banyak lembaga yang juga siap memberikan perannya untuk masalah ini. Namun sekali lagi pemerintah harus berada di depan dalam hal ini. Kadin Jepara misalnya, sudah siap untuk berbuat sesuatu. Dan saya yakin ada banyak lembaga atau organisasi yang juga dalam posisi menunggu untuk bisa bergerak bersama,” tegasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.