Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ada Seruan MUI, Masjid Menara Kudus Bakal Tetap Gelar Salat Jumat

0 1.605

MURIANEWS, Kudus – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah mengeluarkan seruan kepada masjid-masjid di Jateng agar tak menggelar salat Jumat pada 27 Maret 2020, untuk mencegah Covid-19. Sebagai gantinya, umat muslim bisa melaksanakan Salat Zuhur di rumah masing-masing.

Seruan ini disampaikan dalam tausiyah tertulis yang ditandatangani Ketua Umum MUI Jawa Tengah KH Ahmad Darodji, Sekretaris Umum KH Muhyiddin, dan Ketua Komisi Fatwa MUI Jawa Tengah KH Ahmad Hadlor Ichsan tertanggal 24 Maret 2020.

Pertimbangannya, kasus Covid-19 di Jateng yang telah mendekati zona merah. Selain itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global yang membutuhkan penanganan khusus supaya tak menyebar.

Walau demikian, Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) belum akan meniadakan salat Jumat berjemaah di Masjid Al-Aqsa Menara Kudus pada 27 Maret 2020. “Kami belum akan meniadakan Salat Jumat besok,” kata Ketua YM3SK KH Em Nadjib Hassan, Rabu (25/3/2020).

‎Najib mengatakan, alasan untuk tidak menyelenggarakan salat Jumat berjemaah dan menggantinya degan Salat Zuhur memiliki alasan yang kurang kuat. Sehingga pihaknya tetap akan melaksanakan Salat Jumat berjemaah.

Selain itu, tambahnya, surat edaran yang diterbitkan MUI Jawa Tengah tersebut merupakan imbauan yang sifatnya tidak mutlak. Sehingga tidak harus diikuti Masjid Al-Aqsha Menara Kudus.

Menurutnya, masjid yang telah berdiri sejak 956 Hijriah itu memiliki kebijakan sendiri terkait pelaksanaan salat berjemaah. “Masjid Menara ‎tidak terikat dengan MUI,” terangnya.

Baca: MUI Jateng Minta Salat Jumat Tak Digelar

Sementara Pihak Masjid Agung Kudus baru akan mengambil sikap usai mendapat surat edaran dari MUI Kudus. Keputusan diselenggarakan atau tidaknya Salat Jumat pun akan diputuskan Kamis (26/7/2020) besok.

“Untuk hari ini kami belum memutuskan, masih ada besok,” ucap Kepala Masjid Agung Kudus Noor Badi via telepon Rabu siang.

Namun, jika memang diputuskan untuk meniadakan, maka pihaknya akan berunding dengan penasihat masjid terlebih dahulu. Dengan pertimbangan Masjid Agung Kudus merupakan tempat singgah musafir-musafir yang akan melaksanakan salat Jumat.

“Nanti ada beberapa skenario, untuk sementara kami tunggu keputusan dari MUI Kudus dulu,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.