Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tokopedia, OVO dan Grab Sumbang Rp 3 Miliar Bantu Perangi Covid-19

MURIANEWS, Jakarta – Tiga ekositem digital besar di Indonesia yakni Tokopedia, OVO dan Grab menyumbangkan dana sebesar Rp 3 miliar untuk membantu pemerintah memerangi virus corona atau Covid-19. Dana itu diserahkan ke BNPB sebagai koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Selasa (24/3/2020).

Penyaluran donasi ini guna membantu menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis. Terlebih hampir seluruh rumah sakit yang menangani pasien corona di Indonesia, mengalami kelangkaan stok APD.

Dalam siaran pers yang diterima MURIANEWS, disebutkan masing-masing perusahaan mendonasikan Rp 1 miliar. Langkah ini juga diambil sebagai ajakan untuk bergotong-royong menekan laju penyebaran Covid-19.

Bekerja sama dengan Benih Baik pimpinan Andy F Noya, tiga ekosistem digital ini juga membuka kanal untuk menjaring donasi dari masyarakat di platform masing-masing, guna membantu pengadaan alat medis, dan kebutuhan para tenaga medis.

“Bersama dengan BNPB RI dan berbagai mitra di industri, kami menyatukan suara, upaya dan semangat dalam memerangi Covid-19,” kata Leontinus Alpha Edison, Vice Chairman sekaligus Co-Founder Tokopedia.

Selain itu, pihaknya juga telah menyumbang lebih dari 150.000 masker untuk TKI yang membutuhkan di Hongkong.

Hal yang sama juga dikatakan Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO, pihaknya berupaya terus mendukung pemerintah dalam meredam dan mengatasi penyebaran virus ini.

“Termasuk, memainkan peran kami sebagai penyedia layanan e-money untuk terus menggerakkan roda perekonomian nasional, khususnya di ranah ekonomi digital,” terangnya.

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung kinerja tenaga medis sebagai garda terdepan di Indonesia untuk memerangi pandemi.

“APD bagi para garda terdepan profesi medis sangat penting, dan GrabHealth powered by GoodDoctor siap mendukung,” katanya.

Pihaknya juga memberikan bantuan finansial bagi Mitra Pengemudi yang positif Covid-19, kolaborasi pengumpulan satu juta Masker lewat PMI dan ketersediaan cakupan asuransi Mandiri In-Health.

Doni Monardo, Kepala BNPB RI menyambut baik inisiatif ini. Menurutnya, donasi itu akan didedikasikan untuk tim tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19. Termasuk memberikan bantuan logistik, obat-obatan kepada para dokter para perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

”Supaya mereka bisa mendapat dukungan yang baik, sebagai pekerja terdepan bisa mendapatkan perhatian yang optimal,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...