Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Corona, Pengusaha di Jepara Buat Ruang Sterilisasi untuk Karyawan

0 1.412

MURIANEWS, Jepara – Virus corona saat ini mengancam masyarakat. Namun kegiatan ekonomi diharapkan tetap bisa berlanjut. Caranya adalah dengan tetap menerapkan standar pengamanan tinggi dalam proses-proses pelaksanaan kegiatan produksi.

Di Jepara, sebuah kreatifitas ditunjukan oleh seorang pengusaha dalam usaha mencegah merebaknya virus corona. Menyadari bahaya corona, Rensi Prastiya pemilik CV Kalingga Jati Ferniture, membuat prasarana pengamanan bagi karyawannya agar tetap bekerja dengan aman.

Sejak Selasa (24/3/2020), dengan menggunakan peralatan sederhana, pihaknya membuat sebuah bilik penyemprot disinfektan bagi para karyawannya. Bilik ini mengadopsi fasilitas serupa yang sudah diterapkan di sejumlah negara maju. Melalui bilik ini para karyawan yang akan masuk ke ruang kerja, disterilisasi dari virus corona dan kuman penyakit lainnya.

“Ide ini memang kami peroleh dari beberapa penerapan yang ada di beberapa negara. Jadi semua orang tinggal masuk dalam bilik, lalu disemprot disinfektan dan keluar sudah dalam kondisi steril. Setelah itu baru mereka boleh bekerja di tempatnya masing-masing,” ujar Rensi Prastiya, Selasa (24/3/2020).

Bilik tersebut dibuat dengan memanfaatkan material yang mudah didapatkan. Dengan menggunakan kerangka kayu, dan dinding plastik ukuran tebal, ruang sterilisasi dibuat. Kemudian dengan memanfaatkan kompresor dan alat spet finishing (alat untuk cat spray) yang sudah tak digunakan, cairan disinfektan di semprotkan berupa kabut.

Disinfektan yang disemprotkan dalam bentuk kabut, kemudian menerpa karyawan yang masuk di dalamnya. Dalam beberapa detik, proses sterilisasi bisa selesai. Sehingga proses ini bisa berjalan efektif, efisien dan aman.

“Untuk spraynya kami pasang enam buah, agar disinfektan menjangkau seluruh bagian tubuh. Disinfektan yang keluar berupa kabut, sehingga tidak membuat basah orang yang masuk. Kami sudah memesan alat spraynya, nanti kalau sudah datang tinggal masang. Kami juga akan mengevaluasi ruang seterilisasi ini agar lebih baik lagi. Ini ihgtiar kami. Bagaimanapun perekonomian tidak boleh terhenti,” tambah Rensi Prastiya.

Di CV Kalingga Jati Ferniture sendiri, ada sekitar 450 karyawan yang masih tetap bekerja. Mereka menerapkan standart kesehatan yang diharapkan mampu secara maksimal mencegah penyebaran virus covid 19. Selain mengharuskan karyawannya masuk ke ruang sterilisasi, juga disiapkan aturan yang ketat soal menjaga kesehatan.

Meskipun sederhana, penerapan yang dilakukan di CV Kalingga Jati Ferniture layak untuk diterapkan di tempat-tempat yang tetap mengharuskan ada banyak kerumunan. Misalnya di pasar, supermarket, dan lainnya. Paling tidak apa yang dilakukan di CV Kalingga Jati Ferniture ini bisa menginspirasi pihak-pihak lain. Termasuk dalam hal ini Pemkab Jepara, dalam memerangi penyebaran virus corona.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.