Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jateng Batalkan Program Mudik Gratis untuk Cegah Corona

0 217

MURIANEWS, Semarang – Program mudik gratis yang tiap tahun disiapkan Pemprov Jateng untuk menjemput perantauan di Jakarta ke kampung halaman, pada Lebaran tahun 2020 ini dibatalkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah peredaran virus corona atau Covid-19 di Jateng.

Tak hanya itu, program mudik gratis dari kahupaten/kota Jateng juga dibatalkan. Pembatalan ini berdasarkan surat bernomor 430/0006380, yang ditandatangani Penjabat (Pj) Sekda Jateng Herru Setiadhie.

Awalnya, tahun ini Pemprov Jateng menyiapkan 247 armada bus ditambah 1.800 tiket kereta, bagi warga Jawa Tengah di Jakarta, yang ingin balik ke kampung halaman.

Seharusnya jadwal pendaftaran mudik gratis Lebaran dilakukan pada 19-20 April 2020. Sedangkan pelaksanaan mudik gratis, dijadwalkan pada 15 Mei 2020.

Namun, mengingat masa darurat Corona diperpanjang hingga usai Lebaran, mudik gratis pun dibatalkan.

Menurut Herru, alasan pembatalan mudik gratis tersebut karena memperhatikan protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah, untuk mengurangi kerumunan massa di tempat umum.

“Untuk mengurangi kegiatan dan kerumunan massa di area publik. Maka dengan mengedepankan masyarakat luas, Pemprov Jateng membatalkan pelaksanaan mudik lebaran gratis tahun 2020,” ujarnya, Senin (23/3/2020).

Pihak pemprov juga menyatakan telah berkomunikasi dengan Paguyuban warga Jateng di Jakarta.

“Kebanyakan dari mereka sudah memahami akan kondisi saat ini,” ujar Kepala Badan Penghubung Jawa Tengah di Jakarta Moh Wahju Alamsyah.

Pihaknya juga terus mengingatkan agar warga Jateng di Jakarta untuk menaati protokol yang telah dibuat oleh Pemprov DKI, untuk tidak keluar rumah sampai 2 April 2020. Selain itu, jika memang harus pulang ke Jawa Tengah, ia mengharapkan agar proaktif memeriksakan diri.

“Kami sarankan mereka untuk lebih proaktif, melakukan cek kesehatan sebelum pulang. Agar tidak memindahkan permasalahan. Bagi mereka yang masih di Jakarta, harapannya agar menaati peraturan Pemprov DKI agar stay di rumah,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.