Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

SMKN 1 Purwodadi Grobogan Gelar Ujian Online, Siswa Kerjakan Soal dari Rumah

MURIANEWS, Grobogan – Meski tidak dilangsungkan di sekolahan, pelaksanaan ujian sekolah (US) di SMKN 1 Purwodadi bagi siswa kelas XII tetap digelar. Hal itu disampaikan Kepala SMKN 1 Purwodadi Sukamto, Senin (23/3/2020).

“Iya, mulai hari ini, kita selenggarakan ujian sekolah secara online. Siswa mengerjakan soal menggunakan komputer, laptop, atau menggunakan ponsel pintar berbasis Android. Sejak pekan lalu, kegiatan pembelajaran memang dilakukan dari rumah terkait pencegahan virus corona,” katanya.

Dijelaskan, ujian hari pertama, diperuntukkan untuk mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia dan PPKn. Untuk mapel Bahasa Indonesia dilaksanakan mulai pukul 07.30-09.30 WIB. Kemudian, mapel PPKn digelar pukul 10.00-12.00 WIB.

“Alhamdulillah, pada pelaksanaan ujian sekolah hari pertama tadi berjalan lancar. Sebanyak 524 siswa bisa ikut ujian semua,” jelasnya.

Untuk ujian hari kedua, diperuntukkan untuk mapel Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama. Selanjutnya, hari ketiga untuk mapel Matematika dan Bahasa Jawa. Sedangkan hari terakhir, Jumat (27/3/2020) jadwalnya untuk mapel kompetensi keahlian dan Bahasa Mandarin.

Sukamto menegaskan, pelaksanaan ujian dengan memanfaatkan teknologi sudah pernah dilakukan pada seluruh siswa. Yakni, saat penilaian akhir semester (PAS) pada bulan November 2019 lalu. Dalam pelaksanaan PAS semenster ganjil itu dilakukan dengan menggunakan ponsel pintar berbasis Android.

“Cuma bedanya, kalau waktu PAS dilakukan di sekolahan sehingga lebih mudah pelaksanaannya. Tetapi untuk ujian sekolah ini, siswa mengerjakan soal dari rumah sehingga perlu persiapan tersendiri. Salah satunya adalah dengan melakukan uji coba dulu pada hari Sabtu kemarin,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...