Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banyak TKW asal Malaysia Pulang ke Jepara, Begini Langkah Tim Satgas Covid-19

0 4.503

MURIANEWS, Jepara – Banyaknya Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Jepara yang pulang usai mengadu nasib di negeri orang diharapkan bisa mendapat perhatian serius dari pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat. Apalagi, TKW yang pulang tersebut berasal dari Malaysia yang saat ini merupakan negara pandemi parah corona (Covid-19)

Menanggapi hal ini, Ketua Tim Satgas Covid 19 Jepara Edy Sujatmiko menyatakan, kekhawatiran tentang penularan corona dari TKW memang tetap ada. Meski begitu, ia percaya di pintu-pintu imgrasi mereka sudah melewati screening ketat.

Hanya, ia mengakui ada kemungkinan gejala corona itu timbul saat sudah berada di rumah. Apalagi jika daya imun tubuh TKW saat diperiksa masih tinggi dan tidak ada demam sedikitpun.

”Ini yang belum bisa kami antisipasi. Sejauh ini kami tidak data siapa-siapa TKW yang pulang,” kata Edy Sujatmiko, Senin (23/3/2020).

Untuk itu, pihaknya meminta agar mereka yang baru saja pulang dari bekerja di luar negeri sebagai TKW, dengan kesadaran sendiri melakukan pemeriksaan kesehatan. Fasilitas pelayanan kesehatan terdekat dari rumah masing-masing akan memberikan pelayanan itu.

Selain itu pihaknya juga kemungkinan akan melibatkan pemerintah desa, RW dan RT untuk melakukan pendataan mengenai hal ini. Pemerintah Desa, RT dan RW akan diminta melakukan koordinasi dan komunikasi bila mendapati ada warganya yang baru pulang dari luar negeri, terutama dari negara-negara pandemic corona.

”Kami akan dorong agar pemerintah desa, RW dan RT masing-masing untuk bisa memberikan informasi mengenai hal ini dan semua informasi terkait corona di wilayahnya masing-masing. Hal ini akan sangat penting bagi upaya penanggulangan wabah corona di Jepara,” tambah Edi Sujatmiko.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.