Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jumlah ODP Jepara Melonjak Jadi 26 Orang, RSUD Tambah Delapan Kamar Isolasi

0 920

MURIANEWS, Jepara – Kabupaten Jepara hinga Senin (23/3/2020) memang belum ada yang dinyatakan positif corona atau Covid-19. Meski begitu, grafik Orang Dalam Pantauan (ODP) ataupun Pasien Dalam Pengawasan (ODP) terus meningkat.

Dari data yang ada Tim Covid Jepara, jumlah ODP per Senin (23/3/2020) mencapai 26 orang. Lonjakan ini diduga hasil dari pemeriksaan penumpang bus dan travel asal luar kota khususnya Jakarta yang dilakukan Tim Satgas Covid 19 Jepara, Minggu (22/3/2020) kemarin.

Sehari sebelumnya (22/3/2020), jumlah ODP yang tercatat di Data Satgas Covid 19 Jepara, jumlahnya mencapai 19 orang. Sementara untuk PDP jumlahnya juga mengalami penambahan. Jika sehari sebelumnya terdapat lima PDP, maka siang ini (23/3/2020) jumlahnya sudah mencapai enam orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Mundrikatun menyatakan, untuk menjaga berbagai kemungkinan, saat ini Pemkab Jepara sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Terutama untuk mencukupi kebutuhan ruang isolasi, seluruh rumah sakit yang ada sudah diminta menyediakan ruang isolasi.

Dari hasil koordinasi tersebut, RSUD Kartini Jepara akan menambah delapan kamar ruang isolasi. Keperluan ini sudah mulai dipersiapkan oleh pihak pengelola RSUD Kartini Jepara. Sedangkan rumah sakit yang lain, diminta untuk menyediakan ruang isolasi sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Untuk saat ini di RSUD Kartini Jepara sudah ada ada delapan kamar dan delapan tempat tidur, RS Graha ada satu ruang dengan dua tempat tidur,  Pusat Kesehatan Umum (PKU) Muhamadiyah satu ruang tiga tempat tidur dan RSI Sultan Haldirin menyediakan tiga tempat tidur.

“Untuk berjaga-jaga dari situasi yang tidak diinginkan, Pemkab Jepara juga sudah berkoordinasi dengan RS Kusta di Donorojo, untuk penyiapan 20 ruang isolasi. Saat ini pasien kusta yang dirawat di sana sudah dipisahkan,” ujar Mudrikatun, Senin (23/3/2020).

Sementara itu, untuk pemeriksaan penumpang bis dan travel dari luar kota masih akan terus dilakukan sampai beberapa pekan ke depan. Tim Satgas Covid 19 Jepara, akan mengerahkan petugas-petugas yang dibagi dalam 3 shif tugas.  Sampai Senin (23/3/2020) pagi  pemeriksaan terhadap bis masih dilaksanakan di dua posko, masing-masing di Mayong dan Welahan.

Sampai sejauh ini Mudrikatun menyebutkan belum ada satu orang penumpangpun yang dinyatakan perlu mendapatkan penanganan khusus. Semua penumpang yang dicek, suhu tubuhnya tidak ada yang melebihi 38 derajat celcius.

“Data sementara, sampai Minggu (22/3/2020) sore, sudah ada 22 bis yang dicek. Sebanyak 580 penumpang sudah menjalani pemeriksaan dan hasilnya sampai saat ini belum ditemukan orang yang memerlukan tindakan,” tambah Mudrikatun.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.