Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Corona, Puluhan Bus Asal Jakarta Bakal Diperiksa saat Masuk Jepara

1 4.066

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara harus mulai lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap corona. Menyusul situasi yang terjadi di ibukota, gelombang balik urbanisasi diperkirakan akan berlangsung. Warga Jepara yang selama ini bekerja di Jakarta dikabarkan banyak yang balik ke Jepara.

Dari informasi yang beredar diperkirakan akan ada lebih dari 80 bus dari Jakarta yang akan masuk ke Jepara. Perkiraan awal, akan ada sekitar 36 bus yang akan masuk ke Jepara pada Minggu (22/3/2020) siang.

Selanjutnya pada gelombang selanjutnya akan ada sekitar 44 bus yang akan masuk ke Jepara pada Minggu (22/3/2020) malam. Melihat situasi yang terjadi di Jakarta, tidak menutup kemungkinan dari penumpang-penumpang bus tersebut ada yang sudah terinfeksi virus corona ini.

Tim Satgas Covid 19 Jepara, langsung membangun Posko Pemantauan di dua titik masuk Jepara. Masing-masing di Mayong Square dan Sub Terminal Welahan. Di dua tempat ini bus-bus yang masuk Jepara akan dicek penumpangnya dan disemprot disinfektan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Arwin Noor Isdiyanto menyatakan, di dua tempat tersebut ada petugas BPBD dan DKK Jepara. Mereka akan melakukan sejumlah kegiatan terkait pencegahan corona.

“Jadi nanti semua penumpang akan dicek menggunakan gun thermal, sedangkan busnya akan disemprot menggunakan disinfektan. Di lokasi juga sudah disiapkan ruang isolasi sementara untuk menjaga berbagai kemungkinan,” ujar Arwin Noor Isdiyanto, Minggu (22/3/2020).

Terpisah, Ketua Komisi C DPRD Jepara, Nur Hidayat meminta agar Tim Satgas Covid 19 Jepara bisa memberikan perhatian serius terhadap rencana kepulangan warga Jepara dari Jakarta. Melihat situasinya tampaknya harus ada persiapan dan perencanaan yang jelas untuk ‘penyambutan’ warga Jepara yang datang dari Jakarta ini.

Berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan sudah harus diantisipasi secara kongkret. Jangan sampai ada dampak yang timbul dari proses ‘kepulangan’ warga Jepara dari Jakarta ini. Sebab situasi di Jakarta saat ini memang layak untuk mendapatkan perhatian.

“Artinya apa yang akan dilakukan terhadap mereka yang pulang dari Jakarta ini sudah diperhitungkan dengan matang. Jangan sampai ada yang terlewat, hingga bisa menimbulkan masalah di kemudian hari,” ujar Nur Hidayat.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

  1. agus berkata

    klo turunya sebelum mayong squer gimana.kebanyakan yg turun kan di ps mayong dan spbu sengon bugel.yg daerah nalum jg turunya kebanyakan di perbatasan kudus jepara.
    apa ngak sebaiknya kerjasama dngan pemkab kudus trs pemeriksaanya di terminal kudus.itu lebih efektif dan tak ada yg terlewatkan.krna yg dilindungi bkn jepara aja tp hrs bersatu lindungi semua

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.