Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Alfamart Pastikan Tak Naikkan Harga Gula, Hanya Pembelian Dibatasi

MURIANEWS, Kudus – Pihak minimarket retail Alfamart memastikan tak akan menaikkan harga gula walaupun tengah paceklik dan terbatasnya jumlah pasokan gula pasir di Kabupaten Kudus. Pihak Alfamart pun akan menjualnya sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan.

“Memang di pasaran harganya ada yang sampai Rp 19.000, tetapi kami Alfamart tetap menjualnya sesuai HET Rp 12.500 per kilogram,” ucap Corporate Communication Alfamart wilayah Rembang‎ Muhammad Sofii.

Hanya, untuk mengantisipasi kelangkaan stok, pihaknya akan mulai memberlakukan minimal pembelian untuk gula pasir. Yakni maksimal dua kilogram di area Kudus.

Sementara untuk daerah lainnya, juga diberlakukan pembatasan pembelian maksimal dua kilogram.

“Ini karena stok di wilayah pantura timur itu yang paling terbatas, setiap orang ‎hanya boleh membelinya maksimal satu kilogram, karena stoknya terbatas,” terangnya.

Sebelumnya harga gula pasir di Kabupaten Kudus hingga Jumat (20/3/2020) mencapai Rp 17 ribu per kilogramnya. Harga tersebut lebih tinggi dan sangat melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan sebesar Rp 12.500 ribu per kilogram.

Baca: Harga Gula di Kudus Melejit Capai Rp 17 ribu, Pembelian Dibatasi

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi, dan Perlindungan Konsumen pada Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Imam Prayitno mengatakan harga tersebut tidak seluruhnya dipakai pedagang di Kudus.

Imam, mengatakan di sejumlah minimarket maupun supermarket juga ada yang menjual dengan HET yang dianjurkan, yakni Rp 12.500 ribu. Ada juga, yang menjual dengan harga Rp 16.200 ribu.

Terkait ini, pihaknya pun telah melakukan pemantauan di sejumlah pasar dan supermarket. Sebagian juga masih menyediakan gula walaupun dengan harga yang tinggi. Ada pula yang memang tengah habis stoknya.

“Sementara stok gula di tingkat pedagang besar diperkirakan mencapai 60-an ton lebih, belum termasuk stok gula di masing-masing toko yang ada di Kudus,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...