Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Siswa Belajar di Rumah, Begini Cara Pembelajaran Online Versi SMP 8 Pati

MURIANEWS, Pati – Meski libur selama 14 hari, tetapi para guru tetap mengupayakan agar siswa mendapatkan pembelajaran seperti biasa. Hanya, metode pengajaran lebih banyak dilakukan secara online.

Selain itu, pihak sekolah juga akan berkoordinasi intensif dengan orang tua murid dalam hal pengawasan. Langkah itu seperti yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Pati.

Kepala SMPN 8 Pati Munif Wahyudi mengatakan, pascakebijakan belajar mandiri di rumah diterapkan, pihaknya memang segera mengambil langkah dalam menyusun pembelajaran online.

“Kebetulan sebelum adanya virus corona, kami pernah mengujicobakannya. Hasilnya cukup maksimal, maka dari itu sekarang ini kami tinggal melaksanakannya,” kata Munif, Jumat (20/3/2020).

Dalam pembelajaran online itu pihaknya mengaku menggunakan aplikasi Quizizz yang bisa diunduh di playstore. Aplikasi itu cukup mudah digunakan dan mekanismenya seperti permainan menjawab kuis.

“Untuk materinya kami siapkan materi-materi tryout pelajaran di sekolah. Jadi kami berharap mereka semakin memahami pelajaran dengan mengerjakan soal-soal itu,” imbuhnya.

Agar dapat maksimal, dia akan menjadwalkan secara bergilir antarmata pelajaran. Dalam setiap pembelajaran langsung diikuti oleh satu angkatan. Siswa yang mengikuti pun bisa dilihat sehingga setiap ada yang tidak ikut akan langsung diketahui.

“Kebetulan kami sudah memiliki paguyuban orang tua dan wali kelas. Jadi setiap ada yang tidak ikut pembelajaran online akan langsung kami komunikasikan ke orang tua. Apakah sengaja membolos atau ada alasan yang lain seperti sakit,” terangnya.

Namun diakuinya model pembelajaran tersebut terkendala untuk pelajaran berbasis teori saja. Sedangkan untuk kegiatan praktik seperti olahraga masih kesulitan. Selain itu sejumlah siswa diakuinya mengaku terkendala kuota internet.

“Kami akan terus mengevaluasi pembelajaran online tersebut. Sementara persiapan di sekolah sendiri saat ini kami telah menyemprotkan disinfektan di lingkungan sekolah serta mengimbau siswa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...