Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Azan di Masjid UNS Solo Diubah, Begini Penjelasan Ketua Takmir

0 285

MURIANEWS, Solo – Pengurus Masjid Nurul Huda (NH) di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengganti lafaz azan Hayya ‘alasholah dan dan hayya ‘alalfalah diganti asholatu fii buyuutikum. Penggantian lafaz tersebut dilakukan sebagai imbauan kepada jemaah untuk mengerjakan salat di rumah.

Suwarto, Ketua Pelaksana Harian Takmir Masjid NH mengatakan, dalam situasi terjadi wabah corona ini untuk sementara waktu sebagian lafaz azan diganti. Apalagi, status Kejadian Luar Biasa (KLB) virus corona yang ditetapkan Pemkot Surakarta belum dicabut.

“Karena itu lafaz Hayya ‘alasholah dan dan hayya ‘alalfalah diganti asholatu fii buyuutikum, yang artinya salatlah kalian di rumah masing-masing. Sebagai bentuk imbauan kepada masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus [corona],” ujarnya seperti dikutip Solopos.com, Jumat (20/3/2020).

Selain mengganti lafaz azan, Takmir Majid NH UNS Solo juga mengeluarkan surat edaran (SE). SE itu bernomor 022/NH-UNS/B/III/2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah di Masjid Nurul Huda UNS Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Surat tersebut dikeluarkan 19 Maret 2020 dan ditandatangani Ketua Takmir, Ahmad Yunus. Disebutkan dalam SE itu, dengan berbagai pertimbangan maka Salat Jumat di Masjid NH UNS Solo ditiadakan.

Selain lafaz azan diganti dan SE tentang Salat Jumat, Takmir Masjid NH UNS Solo juga memasang pemberitahuan di pintu masuk masjid bahwa Salat Jumat ditiadakan. Meski begitu, pihaknya tidak melarang jika ada jamaah yang ingin menjalankan salat zuhur di masjid tersebut.

“Tidak hanya Salat Jumat yang ditiadakan, tetapi semua aktivitas lain yang melibatkan orang banyak ditiadakan. Tapi kalau ada yang mau salat, kami sudah menyediakan sabun cuci tangan di tempat wudu dan hand sanitizer di dalam masjid untuk menjaga kebersihan diri jemaah,” terangnya.

Masjid NH yang berlokasi di dekat pintu gerbang belakang kampus itu biasanya menampung sekitar 2.000 jemaah, Para jemaah itu biasanya terdiri atas warga kampus dan warga sekitar.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.