Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bantu Program Belajar di Rumah, Kodim Kudus Buka Perpus Keliling

MURIANEWS, Kudus – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Kudus ke-107 menyiapkan perpustakaan keliling untuk anak-anak di lokasi TMMD, Desa Kedungsari, Gebog, Kamis (19/3/2020).

Berbekal puluhan buku pelajaran dan buku bacaan ringan yang diletakkan dalam boka motor roda tiga, perpustakaan keliling tersebut pun sukses memikat minat para anak-anak di Desa Kedungsari.

Serda Suris, salah satu anggota Satgas TMMD ke-107 Kodim 0722/Kudus menjelaskan jika, penyediaan perpustakaan keliling tersebut, ditujukan untuk membantu anak-anak di Desa Kedungsari yang saat ini tengah menjalani masa belajar di rumah.

Suris menambahkan, perpustakaan Keliling tersebut sangat diminati oleh anak-anak yang ada di desa tersebut.  Terutama bacaan-bacaan yang disertai dengan gambar penjelas.

“Mereka sangat tertarik pada buku-buku pelajaran yang kami sediakan,” lanjutnya.

Pembuatan perpustakaan keliling juga  ditujukan untuk mengurangi kecanduaan anak pada penggunaan gawai yang berlebihan. Sehingga menurunkan minat baca dari para anak-anak.

“Tak hanya membuat anak-anak malas untuk membaca dan bamun bisa berdampak negatif lagi, inilah yang ingin kami ubah sedikit demi sediki,” jelasnya.

Pihaknya pun berharap dengan adanya perpustakaan keliling di TMMD Kedungsari ini, minat baca anak-anak Desa Kedungsari bisa semakin meningkat. Karena menurutnya,  membaca merupakan jendela pengetahuan.

“Dengan banyak membaca maka akan mendapatkan pengetahuan dan membuka cakrawala dalam diri untuk mampu berkarya bagi sesama,” terangnya.

Sementara Dandim 0722/Kudus, Letkol Arm Irwansyah mengatakan, satgas yang telah dilepas sudah mulai melaksanakan kegiatan fisik maupun non fisik di lokasi TMMD. Yakni pembangunan jalan atau betonisasi jalan dengan panjang 900 meter di Desa Kedungsari.

Sementara sasaran nonfisik pada TMMD Regular ke 107 antara lain sosialisasi pemberdayaan masyarakat, sosialisasi infrastruktur dan pengelolahan sampah.

Selain itu, sosialisasi usaha kecil dan menengah, sosialisasi kamtibmas, hingga penyuluhan pra nikah juga dilakukan. Ada juga pengobatan masal, bazar dan pasar murah, pembuatan jamban dan imunisasi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...