Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Masjid Agung Baitul Makmur Jepara Pastikan Gelar Salat Jumat Seperti Biasa

MURIANEWS, Jepara – Pengurus Takmir Masjid Agung Baitul Makmur Jepara, menyatakan tetap akan menggelar salat Jumat. Keputusan ini sudah dibahas dalam rapat Takmir Masjid, beberapa waktu lalu.

Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Makmur Jepara Setyanto menyatakan, pihaknya tidak membatasi kegiatan salat berjamaah di masjid kebanggan Jepara tersebut. Pihaknya masih tetap membuka fasilitas ibadah ini termasuk untuk salat wajib seperti biasanya.

“Jadi sesuai dengan hasil musyawarah pengurus Takmir, kami memutuskan untuk tetap membuka akses berjamaah bagi masyarakat. Tidak hanya salat Jumat tapi juga sholat wajib lima waktu seperti biasanya. Keputusannya sementara seperti itu,” ujar Setyanto, Kamis (19/3/2020).

Meski demikian, sesuai dengan surat edaran Bupati Jepara perihal penanggulangan dan pencegahan corona, akan ada beberapa kebijakan yang juga dilakukan. Di antaranya adalah tidak menyediakan sarung dan mukena. Kemudian juga menggulung karpet yang biasanya digelar untuk alas salat bagi jemaah.

Selain itu, pihak masjid juga menyediakan sabun untuk keperluan mencuci tangan di tempat wudu. Sehingga para pengunjung masjid dapat menjaga kebersihan dengan menggunakan sabun yang disediakan tersebut, sebelum menjalani sholat.

“Jadi begitu yang bisa kami sampaikan. Kami belum menutup akses masjid untuk berjamaah. Silahkan saja, namun tentu saja semua juga harus tetap menjaga diri dan waspada terhadap penularan virus corona ini. Jagalah kebersihan sebelum masuk masjid,” tambah Setyanto.

Pada Kamis (19/3/2020), Tim Polres Jepara juga sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada seluruh bagian masjid. Langkah ini diharapkan bisa mengurangi kemungkinan penyebaran virus corona. Selain itu, langkah ini diharapkan bisa memberikan rasa aman bagi para pengunjung masjid.

Sebelumnya, kendati Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat mengeluarkan himbauan untuk tidak menggelar salat Jumat dan mengganti dengan salat zuhur di rumah, MUI Jepara mengeluarkan kebijakan sedikit berbeda. MUI Jepara tetap mengijinkan digelarnya salat Jumat di masjid.  Namun demikian ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi.

Di antaranya adalah tetap menjaga kewaspadaan dengan tetap mengedepankan kesehatan dari masing-masing pengunjung masjid. Kemudian masjid-masjid juga diminta untuk menyediakan sarana pencegahan virus corona. Seperti tersedianya sabun cuci atau cairan anti septik yang diperbolehkan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...