Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Akhirnya Ditetapkan, Tim Satgas Penanggulangan Corona Jepara Diminta Inventarisir Kebutuhan

MURIANEWS, Jepara – Tim Satgas Pencegahan Corona Jepara, sudah ditetapkan dan akan segera bekerja. Tim ini akan bertanggung jawab langsung kepada Bupati Jepara terkait usaha pencegahan dan penanggulangan corona di wilayah Jepara.

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, pihaknya saat ini masih melakukan pembahasan-pembahasan terkait apa-apa saja yang akan segera dilakukan. Program-program penanggulangan akan segera dilakukan secara terstrutur dan sistemik.

“Semua kebutuhan sudah kami instruksikan ke Pak Sekda untuk segera diinventarisir. Segera akan kita bicarakan bagaimana pemenuhannya, dan bagaimana program-program yang akan dijalankan,” ujar Dian Kristiandi, Kamis (19/3/2020)

Untuk pendanaannya, sesuai dengan instruksi pemerintah bisa menggunakan dana-dana APBD dengan cara menggeser anggaran. Mekanismenya bisa menggunakan aturan mendahului perubahan anggaran. Semua akan ditempuh untuk secepat mungkin mengatasi persoalan mengenai penyebaran corona ini.

“Kalau memang memaksa, maka dana-dana yang ada di APBD akan digeser untuk kebutuhan penanggulangan corona ini. Kami akan menginventarisir dulu apa saja kebutuhan dan seberapa besar pembiayaannya,” tambah Dian Kristiandi.

Sementara itu Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko menyatakan pihaknya memang tengah melakukan inventarisasi kebutuhan terkait pencegahan corona. Kebutuhan-kebutuhan itu di antaranya adalah peralatan pendeteksi suhu tubuh, untuk ditempatkan di sejumlah lokasi yang banyak didatangi orang.

Peralatan ini harus disediakan dalam jumlah cukup untuk mendeteksi secara lebih dini. Kemudian kebutuhan terhadap masker dan cairan antiseptic juga sudah dicatat untuk segera disediakan. Termasuk kebutuhan APK (Alat Perlengkapan Kesehatan) di RSUD Kartini Jepara juga akan diinventarisir.

“Semua akan segera kami inventarisir kebutuhannya. Sehingga semua kebutuhan bisa segera dipenuhi, dan upaya pencegahan bisa langsung diimplementasikan secara menyeluruh di masyarakat. Beberapa kebutuhan juga sudah dipesan,” ujar  Edy Sujatmiko, Kamis (19/3/2020).

Pemkab Jepara sendiri saat ini sudah menganggarkan dana tanggap darurat sebesar Rp2 Miliar. Dana ini kemungkinan bisa digunakan untuk kebutuhan pencegahan corona ini. Jika masih kurang ada mekanisme-mekanisme yang bisa ditempuh Pemkab Jepara untuk mengalihkan anggaran guna mencukupi kebutuhan pencegahan corona.

“Sudah ada mekanisme-mekanisme yang akan ditempuh terkait masalah penyediaan dana untuk kebutuhan ini. Kami akan berkoordinasi dan terus berkomunikasi dengan seluruh pihak baik Pemprov Jawa Tengah maupun Pemerintah Pusat,” tambah Edy Sujatmiko.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...