Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Belum Semua Fasilitas Umum di Jepara ‘Nyambung’ dengan Upaya Pencegahan Corona

MURIANEWS, Jepara – Sejak Gubernur Jawa Tenga, Ganjar Pranowo mengumumkan darurat corona bagi wilayah Jawa Tengah, upaya pencegahan corona yang dilakukan secara terstruktur dan sistemik belum sepenuhnya terwujud. Sosialisasi mengenai pentingnya kewaspadaan corona bahkan belum berjalan seperti yang diharapkan.

Di dua pasar besar di Jepara yakni Pasar Jepara 1 dan Jepara 2, upaya preventif dan promotif belum terlihat. Masyarakat pengguna pasar juga cenderung tidak memperdulikan kemungkinan buruk mengenai potensi corona membiak di lingkungan yang mereka kunjungi.

Di Pasar Jepara 1, sebuah tempat cuci tangan ada di depan pintu masuk di samping tanjakan akses ke lantai 2. Sebuah sabun cair dan ember besar air ditaruh begitu saja, tanpa ada penjelasan apapun terkait keberadaan fasilitas tersebut.

Sedangkan di Pasar Jepara 2 bahkan tidak terlihat fasilitas cuci tangan atau penyediaan antiseptic terlihat. Sementara aktivitas pasar berjalan seperti biasa dengan kerumunan masyarakat yang tenggelam dengan kesibukan proses jual beli.

Baca Juga:

Agung M, warga Kuwasen mengaku tidak melihat ada perubahan apapun terkait dengan kegiatan di pasar. Semua berjalan normal dan biasa saja. Soal corona, memang diakuinya tidak ada kegiatan-kegiatan yang bersifat promotif edukatif dilakukan di pasar.

“Saya lihat tidak ada kegiatan yang bersifat mengidukasi masyarakat pengunjung pasar soal corona ini. Semua berjalan seperti biasa saja. Tentu saja ini harus disikapi dengan kewaspadaan. Pengunjung pasar memang rentan juga mengalami penularan ya,” ujar Agung M, Rabu (18/3/2020).

Terpisah Kabid Pengelolaan Pasar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan  Jepara, Mustakim menyatakan pihaknya sudah menginstruksikan pengelola pasar untuk melakukan antisisipasi corona. Di antaranya adalah menyediakan tempat cuci tangan di pasar-pasar yang ada.

Selain itu pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi dengan pihak terkait dalam upaya mencegah penyebaran corona. Kalaupun belum ada yang menerapkan kegiatan pencegahan di masing-masing pasar, pihaknya berjanji akan segera melakukan evaluasi.

“Kami sudah instruksikan untuk menempatkan fasiltas mencuci tangan di beberapa titik pasar. Ini berlaku untuk semua pasar yang ada. Kalau ada yang belum, nanti segera kami evaluasi,” ujar Mustaqim, Rabu (18/3/2020).

Di sisi lain, langkah cukup baik dilakukan di Kantor Disducapil Jepara. Mencegah kemungkinan penyebaran corona mereka menerapkan pelayanan dengan lebih hati-hati. Untuk masalah administrasi kependudukan, warga diminta untuk menggunakan jalur online. Sedangkan untuk pelayanan lainnya dilakukan dengan mekanisme yang diatur sedemikian rupa.

Selain itu, dalam waktu tertentu, himbauan untuk menjaga kebersihan selalu dikumandangkan melalui pengeras suara. Sehingga masyarakat yang hadir di Gedung Disdukcapil mendapatkan kewaspadaannya kembali.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...