Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dana Rp 1,2 Miliar Bakal Dibagikan ke 10 Parpol di Kudus

MURIANEWS, Kudus – Tahun 2020, dana bantuan partai politik (banpol) di Kudus dianggarkan sebanyak Rp 1,2 miliar. Jumlah tersebut, akan diberikan dan dibagi pada sepuluh partai politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD Kudus.

Sepuluh parpol yang memiliki kursi di DPRD Kudus, yakni Partai Golkar, PPP, Partai Nasdem, PKB, PKS, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan PAN.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus Harso Widodo mengatakan, pembagian kepada masing-masing parpol akan ditentukan sesuai dengan jumlah perolehan suara.

“Di mana nilai bantuan persuara senilai Rp 2.550 ribu,” ucapnya Rabu (18/3/2020).

Walau demikian, bantuan keuangan tersebut baru bisa dicairkan setelah Badan Pengawas Keuangan (BPK) mengeluarkan hasil penelitiannya pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kudus. “Jika belum semuanya diteliti BPK belum bisa,” ujarnya.

Sementara terkait laporan pertanggungjawaban (LPJ) bantuan keuangan dari partai politik tahun sebelumnya, sudah dinyatakan lengkap oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Jateng.

“Kalau soal itu sudah lengkap, tinggal menunggu OPD tadi,” terangnya.

Parpol yang mendapatkan banpol terbesar, lanjut Harso, adalah PDI Perjuangan. Karena pada Pemilu Legislatif 2019 lalu, mendapatkan sebanyak delapan kursi, disusul Partai Kebangkitan Bangsa meraih tujuh kursi.

Sementara untuk partai politik yang mendapatkan dana bantuan paling sedikit adalah PPP, Partai Hanura dan Partai Demokrat yang masing-masing mendapatkan dua kursi.

“Sesuai ketentuan, dana banpol hanya terbatas digunakan untuk kesekretariatan sekitar 40 persen dan pendidikan politik sekitar 60 persen,” terangnya

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...