Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mulai Borobudur Hingga Merbabu, Pemprov Tutup Sementara 40 Tempat Wisata di Jateng

0 770

MURIANEWS, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memutuskan untuk menutup sementara 40 tempat wisata di provinsi ini. Penutupan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Beberapa tempat wisata yang ditup di antaraya Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon di Magelang, Taman Nasional Gunung Merbabu di Boyolali, dan Lawang Sewu di Kota Semarang.

Selain itu Lokawisata Baturaden di Banyumas serta Museum Radyapustaka dan Keraton Kasunananndi Surakarta juga ditutup sementara. Rata-rata penutupan dilakukan hingga tanggal 29-30 Maret 2020.

“Ini jauh lebih penting untuk mencegah dengan baik. Untuk wisatawan lokal tingkat kunjungannya turun mencapai 72,49 persen, dan 88,46 persen penurunan untuk wisatawan asing,” kata Ganjar setelah menggelar rapat terbatas dengan jajarannya, Senin (16/3/2020).

Ganjar menyebut 40 tempat wisata yang ditutup sementara tersebar di 11 kabupaten/kota.

Menurut Ganjar, dalam kasus Covid-19 ini yang mesti diselamatkan pertama kali adalah manusia.

Ganjar berasumsi, jika manusia yang diselamatkan, perekonomian bisa dihidupkan. Tapi jika hanya perekonomian yang jadi fokus, semuanya akan mati.

Baca: Pemprov Jateng Gratiskan Pemeriksaan Covid-19 di Tujuh Rumah Sakit Ini

Untuk persoalan pajak, Ganjar berencana melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota. Juga, memberikan dispensasi energi dan BBM untuk pengelola hotel di sejumlah wilayah. Ini mengingat wabah virus corona juga berimbas pada tingkat okupansi hotel.

“Mereka butuh bantuan listrik dan BBM. Energi ini kan cukup tinggi bagi mereka maka mereka butuh keringanan. Sekarang tingkat hunian hotel turun 11,77 persen dan rata-rata menginap turun 0,6 persen dari 1,36 ke 1,3 persen,” pungkasnya. (lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.