Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Satgas TMMD Kudus Diberi Tambahan Tugas Jadi Agen Pencegahan Corona

MURIANEWS, Kudus – Satuan tugas (satgas) pelaksana kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-107 di Desa Kedungsari, Gebog, Kudus mendapat tugas tambahan seiring merebaknya virus corona. Yakni menjadi agen sosialisiasi perilaku hidup bersih dan sehat di lokasi TMMD.

Dandim 0722/Kudus Letkol Arm Irwansyah mengatakan, para anggotanya harus bisa membaur dengan masyarakat. Sehingga bisa menyosialisasikan PHBS secara informal di lingkup sekitar anggota tinggal.

“Mereka akan berbaur dengan masyarakat selama sebulan, mereka harus membaur untuk menyosialisasikan ini,” katanya, Senin (16/3/2020).

Sementara untuk sosialisasi secara formal, kata Dandim, pihaknya akan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus untuk menyosialisasikan bab pencegahan virus corona dengan PHBS. “Selain itu anggota harus mencontohkan perilaku hidup yang higienis dan sehat,” ujarnya.

Pihaknya juga menekankan untuk membawa kehormatan dari pasukan TNI. Dandim mengatakan, semua pasukannya harus menjaga sikap selama pelaksanaan TMMD dilangsungkan. Sehingga harmonisasi tentara dan masyarakat bisa semakin padu.

Baca: Karena Corona TMMD di Kudus Digelar Tanpa Upacara Pembukaan

Untuk pelaksanaan sendiri, pasukan TMMD yang diberangkatkan dari halaman Mako Kodim 0722/Kudus, meliputi dari Yonif 410/Alugoro sebanyak dua peleton, Batalyon Zeni Tempur 4/TK sebanyak sembilan orang, Lanumad Ahmad Yani sebanyak tujuh orang dan selebihnya dari Kodim 0722/Kudus.

Total ada 200 prajurit TNI yang diterjunkan dalam kegiatan ini. Mereka akan melaksanakan tugas selama 30 hari ke depan.

Kodim 0722/Kudus, sebelumnya juga telah meniadakan upacara pembuka pelaksanaan TMMD dan menggantinya dengan apel pelepasan Satgas TMMD ke Desa Kedungsari.

Hal tersebut dilakukan karena bekaitan dengan situasi saat ini, di mana virus corona tengah menjadi pandemi. Sederet acara yang dibarengkan pada upacara pembukaan pun turut ditunda pelaksanaannya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...