Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Karena Corona TMMD di Kudus Digelar Tanpa Upacara Pembukaan

MURIANEWS, Kudus – Kodim 0722/Kudus meniadakan upacara pembuka pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-107 tahun 2020, Senin (16/3/2020). Upacara pembukaan diganti dengan apel pelepasan Satgas TMMD ke Desa Kedungsari di Halaman Kodim.

Hal tersebut dilakukan karena bekaitan dengan situasi saat ini, dimana virus corona tengah menjadi pandemi. Sederet acara yang dibarengkan pada upacara pembukaan pun turut ditunda pelaksanaannya.

Dandim 0722/Kudus Letkol Arm Irwansyah mengatakan jika hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kegiatan kerumunan massa di lokasi TMMD. Dengan tujuan bisa mencegah penyebaran virus dari negara Tirai Bambu tersebut.

“Kami meniadakan upacara untuk mengurangi kerumunan,” ucapnya usai melepas satgas TMMD di halaman Kodim 0722 Kudus.

Satgas yang telah dilepas pun, lanjut Dandim, akan mulai melaksanakan kegiatan fisik maupun nonfisik di lokasi TMMD. Yakni pembangunan jalan atau betonisasi jalan dengan panjang 900 meter di Desa Kedungsari.

“Kami akan membagi tim, mana yang akan mengerjakan jalan, membangun RTLH, ataupun sasaran nonfisik lain,” katanya.

Sementara sasaran nonfisik pada TMMD Regular ke 107 antara lain sosialisasi pemberdayaan masyarakat, sosialisasi infrastruktur dan pengelolahan sampah.

Selain itu, sosialisasi usaha kecil dan menengah, sosialisasi kamtibmas, hingga penyuluhan pranikah juga dilakukan. Ada juga pengobatan masal, pasar murah, pembuatan jamban dan imunisasi.

”Satgas TMMD sudah kami bekali keterampilan untuk membuat sabun. Jadi nantinya mereka akan mengajari masyarakat melalui ibu-ibu PKK untuk bisa membaut sabun sendiri. Sehingga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...