Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Corona Menyebar, Polisi Kudus dan Dinkes Ajarkan Cara Cuci Tangan yang Benar

MURIANEWS, Kudus – Kepolisian Resor (Polres) Kudus bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus kembali menyosialisasikan cara mencuci tangan pakai sabun yang benar di Balai Jagong, Minggu (15/3/2020).

Selain mengedukasi, polisi dan Dinkes juga turut membagikan sejumlah masker dan hand sanitizer pada sejumlah warga dan petugas kesehatan di Balai Jagong.

Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi mengatakan jika kegiatan sosialisasi PHBS akan terus digencarkan oleh pihaknya bersama Dinas Kesehatan.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya penularan virus corona. “Salah satunya dengan mencuci tangan yang baik dan benar,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, kata Catur, masyarakat diajak ikut mempraktikkan gerakan mencuci tangan yang benar sesuai standar WHO. Cuci tangan paling bersih, jelasnya, menggunakan sabun dan air mengalir.

“Namun jika tidak ada air dan sabun bisa menggunakan gel pembersih atau hand sanitizier,” ujarnya.

Walau demikian, pihaknya tidak menganjurkan untuk mengelap tangan yang usai dicuci pada handuk yang disediakan untuk bersama. Karena menurutnya, handuk juga merupakan sarana penularan dari virus maupun bakteri lainnya. “Beda kalau handuk dipakai sendiri,” katanya.

Sejumlah fasilitas ibadah yang ada di Mapolres, lanjut Catur, juga akan ditiadakan terlebih dahulu. Seperti karpet untuk sajadah dan mukenah maupun sarung. “Sebisa mungkin kami batasi sarana-sarana yang bisa menularkan virus ini,” terangnya.

Sementara salah satu warga, Pradana Aji Sasongko mengatakan jika sosialisasi seperti inilah yang dibutuhkan masyarakat. “Walaupun kami bisa browsing di internet tetapi kami sangat mengapresiasi langkah langkah yang dilakukan oleh Polres Kudus dalam menangkal virus Covid-19,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...