Jumat, 29 Maret 2024

Diliburkan Dua Pekan, Disdikpora Kudus: Diganti Belajar Secara Online

Anggara Jiwandhana
Minggu, 15 Maret 2020 18:42:15
Siswa SD di Kabupaten Kudus tengah beraktivitas di sekolah, baru-baru ini. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus resmi meniadakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di semua jenjang pendidikan selama dua pekan ke depan. Yakni pertanggal 16 Maret hingga 29 Maret 2020 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada memastikan jika pihaknya telah menerima surat edaran dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan surat edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi terkait hal ini.

“Sudah kami terima, akan segera kami teruskan ke sekolah-sekolah dan bimbel atau lembaga pengajar,” ucapnya via telepon Minggu (15/3/2020) sore.

Kegiatan belajar mengajar yang biasanya bertatap muka di sekolah, lanjut Harjuna, kemudian akan digantikan dengan sistem pembelajaran secara daring atau online.

Untuk teknis pelaksanaannya, akan diserahkan ke masing-masing sekolah. “Kami serahkan pada mereka untuk teknis pelaksanaannya,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah menginstruksikan pada pihak sekolah untuk menunda perjalanan wisata sekolah ataupun kegiatan sekolah lain yang bersifat massal. Dengan alasan mencegah terjadinya penularan virus corona di Kudus.

“Kami menginstruksikan semua sekolah untuk menunda perjalanan wisatanya,” tambahnya.

Baca juga: 

Kemudian, kata Harjuna, pihaknya juga menginstruksikan satuan pendidikan melakukan pembersihan ruangan dan lingkungan satuan pendidikan, secara rutin. Serta penanganan secara khusus pada tempat berpotensi terjadi kontak tangan bersama-sama.

“Semisal handel pintu, saklar lampu, tombol pada komputer atau papan ketik (keyboard),” terangnya.

Sementara pihak SMA 1 Kudus pun turut menghentikan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolahan. Para siswa akan diliburkan dan belajar secara online. “Kami menghentikan proses KBM kami,” ucap Kepala SMA 1 Kudus.

Ujian sekolah yang kini masih berlangsung pun akan ditunda hingga dua pekan kedepan.  Ekstrakurikuler serta kegiatan lainnya juga ditunda untuk batas waktu yang telah ditentukan. “Semua acara dan kegiatan kami batalkan dan kami tunda,” lanjutnya.

  Reporter: Anggara Jiwandhana Editor: Ali Muntoha

Baca Juga

Komentar